Ini Hobi yang Membantu Hidup Anda Lebih Sehat dan Bahagia

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Hobi Fotografi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Setiap orang tentunya memiliki hobi yang biasanya dilakukan di waktu luang. Ada yang memiliki hobi membaca buku, menonton film, olahraga, dan masih banyak lagi lainnya. Tapi tahukah anda bahwasannya terdapat beberapa hobi berupa aktivitas produktif, yang dapat meningkatkan kebugaran tubuh dan kesehatan otak? Dilansir dari laman helloSEHAT, ini dia beberapa hobi tersebut.

Menari

Menari menjadi aktivitas yang efektif serta murah meriah untuk menjaga kebugaran tubuh, sambil diiringi alunan musik. Banyak jenis tarian yang bisa anda lakukan. Dari tarian tradisional, hip-hop, salsa, modern dance, latin dance, dan masih banyak lagi.

Menari juga menjadi salah satu latihan kardio yang baik untuk meningkatkan kebugaran jantung dan paru. Dengan aktif bergerak saat berdansa, anda secara tidak langsung mendorong tubuh untuk menghirup dan menggunakan oksigen secara lebih efektif. Selain itu, latihan kardio juga dapat meningkatkan kekuatan dan kesehatan otot, serta meningkatkan stamina fisik secara keseluruhan.

Fotografi

Mungkin ada dari kalian yang memiliki hobi mengabadikan alam sekitar dengan kamera. Ya seni fotografi alam adalah contoh hobi yang sehat karena anda akan mengunjungi tempat-tempat indah yang hanya dapat dijangkau dengan berjalan kaki atau hiking. Hal tersebut dapat menjadi cara untuk tetap aktif bergerak saat sedang berlibur atau mengunjungi suatu tempat.

Masak

Hobi memasak bisa mulai anda tekuni untuk menggantikan kebiasaan makan fast food dan jajan di pinggir jalan. Dengan memasak, anda bisa menentukan bahan-bahan yang digunakan, cara memasak, dan jumlah porsinya sesuai kreativitas.

Mengolah bahan makanan sendiri juga akan bermanfaat langsung terhadap kesehatan dan membantu membiasakan pola makan yang lebih sehat. Selain itu, hobi memasak dapat mendorong ketelitian ketika berbelanja makanan, seperti membaca label informasi gizi makanan, memilih bahan yang segar dan berkualitas, serta pemilihan metode pengolahan makanan yang lebih aman dan meminimalisir mengurangi kandungan nutrisinya.

Berkebun

Aktivitas merawat tanaman ini memiliki sejumlah manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Pertama, merawat kesehatan kulit dengan berjemur sinar matahari pagi. Selain itu, kegiatan fisik yang diperlukan selama berkebun, seperti mencabut ilalang, memotong rumput, mengatur pot tanaman, serta menggunakan alat berkebun dapat membantu meningkatkan kekuatan otot serta fleksibilitas tubuh.

Menulis dan Menggambar

Mencurahkan isi hati dengan menulis atau dengan menggambar adalah contoh hobi yang sehat bagi kesejahteraan mental anda. Menulis dan menggambar diyakini efektif untuk menenangkan pikiran yang sedang semrawut, dan memulihkan emosi negatif.

Selain itu, manfaat menulis juga diklaim dapat mempercepat proses penyembuhan luka operasi serta meningkatkan kualitasi hidup dan mengubah cara pikir pasien kanker untuk lebih gigih menjalani pengobatan.

Olahraga

Hobi yang satu ini sudah tak perlu diragukan lagi manfaatnya bagi tubuh. Entah itu hanya jalan kaki, bersepeda, ataupun berenang, semua memiliki manfaat kesehatan masing-masing bagi tubuh dan pikiran.

Populer video

Berita lainnya