Cara Membersihkan Pusar yang Baik dan Benar

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cara bersihkan pusar yang baik dan benar
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Pada umumnya manusia memiliki dua jenis pusar, yakni outie dan innies. Pusar outie adalah sebutan untuk pusar keluar alias bodong. Sementara pusar innies adalah pusar yang masuk ke dalam.

Sebagai bagian dari kebersihan diri, anda membersihkan pusar dengan menggunakan kain atau lap yang lembut. Meski sebenarnya anda tida perlu melakukannya setiap hari. Idealnya, paling tidak bersihkan pusar seminggu sekali. Dilasir dari laman hellosehat, berikut ini cara membersihkan pusar yang baik dan benar.

Membersihkan saat mandi

Cara membersihkan pusar paling mudah dan tepat adalah saat mandi. Agar pusar senantiasa bersih, berikut cara yang bisa anda lakukan untuk membersihkan kotoran di pusar:

  • Setelah selesai mandi, gunakan gayung untuk mencampurkan air dengan sabun mandi secukupnya.
  • Ambil kain ataupun handuk yang bersih dan lembut.
  • Setelah itu, celupkan kain tersebut ke air campuran sabun, lalu bersihkan bagian sekitar pusar dengan menyekanya secara lembut.
  • Jangan lupa untuk membilas pusar Anda dengan air bersih setelah Anda selesai membersihkannya.

Anda juga dapat menggunakan air garam untuk membilas pusar Anda setelah Anda selesai membersihkannya. Setelah memastikan pusar sudah dalam keadaan bersih, gunakan lap kering yang bersih dan lembut untuk mengeringkan bagian pusar anda. Sebagai catatan, pastikan area pusar selalu kering. Sebab, kondisi pusar yang lembap berisiko menimbulkan berkembangbiaknya bakteri atau jamur.

Memakai baby oil

  • Pertama-tama, teteskan baby oil dalam lubang pusar dan diamkan selama kurang lebih 10 menit.
  • Setelah kotoran pusar melunak, gosok secara perlahan dan lembut pusar Anda dengan kapas agar kotoran terangkat.
  • Keringkan bekas baby oil dengan tisu atau lap lembut dan bersih.
  • Jika Anda memiliki pusar innies atau pusar yang masuk ke dalam, Anda bisa menggunakan cotton bud yang untuk memudahkan mengorek kotoran.

Selain menggunakan baby oil, Anda bisa pakai minyak kelapa, minyak zaitun, ataupun losion tubuh.

Menggunakan scrub

Anda bisa menggunakan scrub alami yang terbuat dari sedikit air dan kopi bubuk. Caranya hampir sama seperti menggunakan lulur di tubuh. Namun, saat menggosokkan lulur di pusar, anda harus melakukannya secara perlahan dan lembut. Hal ini dikarenakan kulit yang ada di bagian pusar Anda sangat tipis, sensitif, dan rentan iritasi.

Menggunakan air lemon

Anda juga bisa membersihkan pusar dengan menggunakan air lemon sebagai cara alami. Caranya cukup mudah, yaitu rendam kapas dengan perasan air lemon. Kemudian gosok lembut area pusar dengan kapas yang sudah direndam.

Selain bisa membersihkan, air lemon dapat membantu menghilangkan bau akibat tumpukan kotoran yang ada di pusar. Ingat, salah satu penyebab utama dari pusar yang bau adalah sisa sabun yang ada di pusar dan tidak dibersihkan dengan rutin.

Populer video

Berita lainnya