Bukan cuma Buat Salad, Ini Berbagai Manfaat Timun untuk Kulit Wajah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Manfaat Masker Timun Bagi Kulit Wajah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bukan hanya digunakan sebagai bahan makanan, timun atau mentimun juga kerap menjadi bahan utama untuk masker serta losion alami. Faktanya, timun memang mengandung senyawa yang dapat memberikan manfaat positif bagi kulit.

Tak jarang banyak yang menggunakan mentimun untuk masker kulit mengingat kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi. Dilansir dari laman hellosehat, berikut ini beberapa manfaat dari masker timun.

Mengatasi jerawat

Jika znda memiliki kulit wajah berminyak, sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori dan menjadi penyebab jerawat. Timun dapat membantu membersihkan wajah dan membuat kulit lebih kencang sehingga pori-pori dapat mengecil.

Membantu melawan penuaan dini

Masker berbahan timun juga mengandung vitamin C dan asam folat. Vitamin C dapat membantu menstimulasi pertumbuhan sel baru, sementara asam folat membantu mengusir racun dari polusi yang membuat kulit anda terlihat kusam atau terjadi penuaan dini. Bahkan menurut studi pada 2011, antioksidan pada mentimun berpotensi sebagai senyawa untuk membantu melawan keriput.

Mengurangi sembap

Sebuah penelitian menunjukan bahwa mentimun memiliki kemampuan untuk mengurangi tampilan bengkak pada kulit. Masker timun akan dapat membantu ketika anda mengalami sembap karena kurang tidur.

Meringankan iritasi

Mentimun juga memberikan efek anti-radang yang dapat meringankan nyeri, kemerahan, dan iritasi pada kulit wajah. Anda dapat memanfaatkan masker timun untuk bantu mengatasi kulit yang terbakar matahari, gigitan serangga, dan ruam.

Menjaga kelembapan kulit

Timun terdiri dari 96% air. Air saja tidak cukup untuk menjaga kelembapan kulit. Untuk itu, sari mentimun dapat dicampurkan dengan bahan pelembap alami lain seperti madu atau lidah buaya lalu dijadikan masker untuk menjaga kelembapan kulit wajah.

Populer video

Berita lainnya