7 Manfaat Memakai Penutup Mata Ketika Tidur

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Manfaat Pakai Penutup Mata saat Tidur
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tidur berkualiatas. Salah satunya dengan menggunakan penutup mata. Ya, penutup mata bukan sekadar aksesoris ketika anda tidur. Alat ini justru dapat memicu rasa kantuk dan membuat anda mendapatkan tidur yang berkulaitas. Dilasir dari laman Klikdokter, berikut ini sejumlah manfaat memakai penutup mata ketika tidur.

Membuat cepat tidur

Memakai penutup mata bisa meningkatkan hormon melatonin di dalam tubuh yang membantu anda tidur lebih cepat. Ketika seseorang tidur lebih cepat, maka ia dapat memenuhi kebutuhan waktu tidurnya. Keesokan harinya, orang tersebut bisa bangun dengan badan yang segar dan siap untuk beraktivitas.

Menghalau cahaya yang masuk ke mata

Penutup mata mampu meningkatkan kualitas tidur karenadapat memblokir atau menghalangi cahaya yang masuk ke dalam mata. Menurut American Journal of Epidemiology, paparan cahaya di malam hari, bahkan pada tingkat yang sangat rendah, dihubungkan dengan peningkatan risiko depresi.

Oleh karena itu penggunaan masker mata dapat membantu mempercepat munculnya rasa ngantuk dengan mengurangi paparan cahaya yang berisiko menyebabkan depresi.

Meminimalir gangguan tidur

Saat sudah berada di kasur, ada saja godaan yang membuat seseorang tidur larut malam. Misalnya, waktu tidur jadi terlambat karena bermain ponsel atau menonton televisi. Namun gangguan itu bisa diredam jika anda memakai penutup mata. Karena saat memakainya, anda sadar sudah dalam kondisi siap tidur sehingga tidak tergoda untuk melakukan hal lainnya.

Mengurangi masalah mata

Masker penutup mata diyakini bisa mengurangi risiko mata kering. Pasalnya, pada malam hari saat tidur, mata bisa terkena udara kering, debu, dan bahan iritan lainnya. Hal itu yang mengakibatkan saat terbangun, mata menjadi merah dan kering.

Membantu tidur ketika berpergian

Bagi beberapa orang, tidur saat bepergian bukanlah hal yang mudah. Bahkan ada orang yang susah tidur saat berada di tempat yang baru. Solusinya, cobalah menggunakan penutup mata. Memakai penutup mata dapat memberikan suasana tidur yang ideal karena dapat memblokir cahaya yang mengganggu siklus tidur anda.

Membantu Tubuh Rileks

Bukan hanya membuat cepat ngantuk, penutup mata juga bisa memberikan tekanan lembut di wajah anda. Tekanan tersebut dapat merangsang produksi hormon melatonin dan serotonin yang memicu rasa rileks menyenangkan. Efek ini dapat sangat membantu bagi mereka yang kerap mengalami gangguan tidur.

Mencapai fase tidur REM

REM adalah fase ketika tidur sudah dalam tahap menjadi rileks. Pada fase REM, tidur seseorang juga sudah sangat nyenyak dan dalam. Menurut penelitian tahun 2010 yang dipublikasi oleh jurnal Critical Care, masker mata sangat membanatu mencapai fase tidur Rapid Eye Movement (REM)

Populer video

Berita lainnya