6 Kesalahan yang tak Boleh Dilakukan saat WFH

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Pandemi yang melanda, memaksa beberapa perusahan harus menutup kantor mereka, dan menerapkan karyawannya bekerja dari rumah. Bahkan hal itu juga berlaku bagi para murid, yang belakangan menjalani proses belajar mengajar secara online.

Tentunya hal ini menjadi sesuatu yang baru bagi semua orang. Sehingga pada akhirnya banyak yang membuat kesalahan saat bekerja dari jarak jauh, yang tanpa disadari dapat mempengaruhi produktivitas kerja mereka. Dilansir dari Times of India, berikut ini adalah beberapa hal yang tidak boleh anda lakukan, saat bekerja jarak jauh.

Jangan bekerja dari tempat tidur atau sofa anda

Bekerja dari rumah bisa jadi membuat anda merasa sangat nyaman. Walhasil, tak jarang karyawan yang akhirnya melakukan pekerjaan di tempat tidur atau sofa mereka. Tanpa disadari, hal itu justru berbahaya bagi kesehatan fisik dan mental mereka. Jadi, bekerjalah di meja dan kursi, guna menghindari kesan santai saat anda melakukan pekerjaan.

Jangan lupa berkomunikasi dengan rekan kerja

Bekerja secara terpisah bisa melelahkan, karena kurang lancarnya komunikasi yang terjalin dengan rekan kerja anda. Karenanya, tak sedikit miskomunikasi antara anda dengan rekan kerja atau bahkan atasan. Jadi, peran pemimpin di sini sangat penting untuk memastikan komunikasi yang lancar, sehingga terciptanya nuansa kerja yang baik.

Jangan lupa membuat batasan

Akan selalu ada gangguan teknis yang terjadi saat anda bekerja dari jarak jauh. Oleh karena itu penting untuk membuat daftar pekerjaan yang harus dilakukan, dan membuat batasan berinteraksi ketika anda sedang bekerja. Hal itu dapat membantu anda tetap fokus pada pekerjaan, dan tidak terganggu hal-hal lain yang ada di rumah.

Jangan abaikan kesehatan anda

Mungkin anda akan cukup lama berdiam diri di sebuah ruangan saat bekerja dari rumah. Lain halnya ketika bekerja di kantor, dimana anda bisa melakukan aktivitas kecil seperti berjalan dari meja satu ke meja lain. Itulah sebabnya di rumah, anda akan merasakan sakit di bagian punggung atau mati rasa di kaki. Bahkan tak sedikit juga yang lupa makan siang lantaran asyik bekerja. Menjaga kesehatan menjadi prioritas yang harus anda lakukan, terlepas dari adanya tekanan sebuah pekerjaan.

Jangan lupa tingkatkan keterampilan secara menyeluruh

Bekerja jarak jauh sebenarnya memiliki manfaat bagi seorang karyawan. Anda dapat menjadikan peluang ini untuk meningkatkan keterampilan komunikasi tertulis dan verbal, hinnga mempelajari tentang aplikasi teknis yang bisa memudahkan pekerjaan anda. Intinya, jangan anggap remeh waktu ini dan hanya untuk mengerjakan proyek yang ditugaskan. Tetapi juga untuk meningkatkan keterampilan anda secara keseluruhan, untuk menunjang bekerja dari jarak jauh.

Jangan memakai piyama saat bekerja

Mengenakan setelan kerja membuat penampilan seseorang terlihat segar. Mungkin banyak yang merasa sulit menjalani rutinitas mengenakan stelan kerja. Tapi seseorang harus selalu berusaha untuk mencapai penampilan yang rapi walaupun bekerja di rumah. Bahkan hal itu  akan memberi kesan anda sedang berada di kantor, meski pada kenyataannya bekerja dari rumah.

Populer video

Berita lainnya