Tanpa Uang, Hal Kecil Ini Bisa Bikin Kamu Bahagia

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kebahagiaan tak melulu harus dengan uang. Ada beberapa hal kecil yang bisa membuatmu lebih Bahagia, dan menjadi suntikan positif untuk Kesehatan mentalmu. Terlebih di masa pandemi, dimana banyak orang yang harus berjuang secara ekonomi untuk bertahan hidup.

Melakukan hal-hal kecil ini kita tak perlu mengeluarkan uang. Bahkan hanya meluangkan waktu beberapa menit saja untuk bisa mengubah suasana hati. Seperti tips yang dibagikan asisten profesor administrasi bisnis dari Harvard Business School, Ashley Whillans, penulis buku Time Smart.

Dilansir dari CNBC, berikut ini adalah lima aktivitas yang disarankan Whillans, dan dipercaya bisa meningkatkan kebahagiaanmu.

Mengelola tugas

Menurut Whillans dalam bukunya, mengatur tugas-tugas kecil yang perlu diselesaikan dan memeriksanya bisa membantu mengurangi stres. Sebab, ketika kita merasa stres, kita sering kali melihat suatu tugas sebagai masalah berat. Melakukan perencanaan, sama dengan memecahkan masalah besar itu menjadi serangkaian aksi kecil, yang cenderung lebih mudah untuk dilakukan.

Kirim pesan kepada sosok yang dianggap penting

Aktivitas lain yang bisa dilakukan di saat memiliki waktu luang adalah mengirim pesan pada seseorang yang kamu anggap penting, dan sudah lama tak berkomunikasi denganmu. Sosok itu bisa teman dekat atau bahkan anggota keluarga. Kamu bisa mengiriminya foto, video lucu, atau sesuatu yang bisa mengingatkan orang tersebut pada momen seru bersamamu.

Merencanakan liburan

Siapa sih yang tidak suka berlibur? Semua orang tentunya suka liburan. Bahkan, merencanakan liburan saja sudah menjadi mood-booster bagi seseorang. Kamu akan membayangkan momen apa saja yang akan dilakukan saat liburan, hingga menyusun kebutuhan apa saja yang diperlukan. Menurut William, ‘memutuskan’ hubungan dari pekerjaan walau hanya sejenak, sudah dapat meningkatkan kebahagiaan dan mengurangi stres.

Menonton video bernuansa alam

Dengan hanya waktu sekitar 10 menit saja, menyaksikan video bernuansa alam yang menenangkan sudah cukup mendongkrak rasa bahagia. Menurut sebuah studi dari University of California pada 2017, orang-orang yang menyaksikan konten dari Planet Earth II, sebuah serial dari BBC tentang kehidupan alam liar, turut merasakan peningkatan rasa bahagia, kekaguman, hingga keingintahuan. Video-video tersebut juga mampu menurunkan perasaan lelah, marah dan stres.

Menulis jurnal

Menulis jurnal diyakini dapat meningkatkan rasa bahagia. Aktivitas ini bisa membantu mengelola kecemasan, mengurangi stres dan membantu menghadapi depresi. Menulis jurnal ini juga diyakini dapat membuat seseorang merasa lebih nyaman dengan membantu memprioritaskan masalah, memberikan kejelasan tentang pemicu emosionalnya dan mengungkapkan beberapa pola pikir negatif.

Populer video

Berita lainnya