Buat para Pria! Lakukan Cara Ini Jika Ingin Awet Muda

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Penuaan terhadap kulit bisa dialami pria maupun wanita. Namun ketimbang wanita, pria biasanya lebih cuek akan pentingnya merawat wajah. Padahal hal itu merupakan salah satu cara menjaga agar tetap awet muda.

Penuaan pada kulit sendiri dapat dipicu berbagai faktor. Mulai dari stres, polusi, rokok, pola makan yang tidak sehat, serta paparan sinar matahari. Jika tidak rutin merawatnya, perlahan kulit akan kering, kusam, muncul flek hitam, kerutan, hingga tampak kendur.

Sebenarnya penuaan bisa diperlambat, terutama bagi para pria. Dilansir dari laman Klikdokter, berikut ini cara yang bisa dilakukan para pria agar tampak awet muda.

Menggunakan tabir surya

Pria memang sering malas memakai produk perawatan kulit. Padahal, pria lebih sering di luar ruangan dan terpapar matahari. Sinar ultraviolet (UV) dari matahari dapat mempercepat proses penuaan dengan memecah kolagen dan memperlambat pertumbuhan sel baru. Hal ini menyebabkan kulit jadi lebih tipis dan kehilangan kekencangan serta elastisitasnya. Jadi, gunakanlah tabir surya dengan SPF 15-30 sebelum beraktivitas.

Gunakan pelembap

Pelembap berguna untuk menghidrasi kulit sehingga mencegah timbulnya kerutan. Bagi anda yang sering menggunakan krim cukur di wajah, itu dapat membuat wajah kering. Jadi, gunakan pelembap sesuai jenis kulit setiap pagi, disusul dengan menggunakan gunakan tabir surya. Menggunakan dua skincare tersebut secara rutin dapat membuat kulit wajah anda awet muda.

Konsumsi makanan bernutrisi

Kurangi mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat, tinggi lemak, dan kolesterol. Sebaiknya, konsumsilah makanan bernutrisi seperti sayur, buah-buahan, gandum utuh, atau kacang-kacangan. Menjaga pola makan juga merupakan cara awet muda bagi pria.

Pria juga harus menghindari konsumsi makanan cepat saji, makanan beku, dan makanan dalam kemasan. Makanan tersebut memiliki kalori tinggi dan juga pengawet yang membuat anda lebih cepat mengalami penuaan.

Kurangi konsumsi gula

Gula berkontribusi pada munculnya keriput dan kekeringan di kulit wajah. Gula juga menyebabkan peradangan yang dapat menimbulkan jerawat. Jadi, hindari soft drink, kopi dengan pemanis, aneka permen, dan terlalu banyak mengonsumsi dessert. Anda juga harus waspada terhadap kandungan gula berlebih yang kerap tersembunyi dalam makanan, seperti jus, protein bar, sereal, dan yoghurt.

Setop Merokok

Bukan hanya merusak tubuh, merokok juga dapat membuat anda terlihat lebih tua. Sebab, merokok dapat membuat kulit menjadi lebih kering. Selain itu, radikal bebas yang terkandung dalam rokok juga dapat membuat sel-sel tubuh menjadi rusak, termasuk kolagen di kulit.

Pilih pakaian yang sesuai bentuk tubuh

Hindari menggunakan pakaian yang kebesaran ala penyanyi hip hop. Terlebih mengenakan celana jeans dengan bagian pinggang yang tinggi dan biasanya dipakai pria tua yang merasa tak lagi keren. So, gak perlu menyulap penampilan anda agar terlihat seperti generasi milenial. Pakai baju dengan ukuran pas agar anda tampak lebih bugar, tinggi, ramping, dan tentunya lebih muda!

Pangkas jenggot

Meski dewasa ini jenggot seolah menjadi tren fashion bagi pria, namun jenggot dapat membuat anda terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Terlebih jika tidak dirawat dengan baik dan dibiarkan tumbuh panjang.

Merawat rambut

Selain wajah, rambut juga perlu mendapat perawatan agar pria tampak awet muda. Potongan rambut bisa membuat anda terlihat lebih muda ataupun tua. Oleh karena itu, perhatikan model potongan rambut anda. Pastikan potongan rambut tersebut rapi dan terlihat bersih.

Jika anda tipe pria yang suka memelihara jenggot, rawatlah dengan baik agar tetap terlihat rapi. Jangan biarkan jenggot tumbuh panjang tak beraturan.

Tidur cukup

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan tubuh, termasuk kulit anda. Sebab, kurang tidur dapat membuat kantung mata bengkak dan berwarna gelap sehingga penampilan anda akan tampak tua.
Pastikan anda tidur yang cukup sebanyak 6-8 jam setiap malam untuk mendapatkan tubuh dan kulit yang sehat.

Rajin olahraga

Saat menginjak usia 40 tahun, otot menjadi kurang lentur dan gerak tubuh tak lagi selincah dulu. Anda akan kehilangan kekuatan sel otot, sehingga membuka jalan bagi penyakit yang berkaitan dengan usia. Lakukan olahraga rutin agar tubuh dapat bergerak cukup. Olahraga rutin juga dapat mengurangi cedera dan membangun kembali sel yang mati demi memperlambat penuaan.

Populer video

Berita lainnya