Israel Membunuh Pemimpin Baru Hizbullah Dalam Serangan Bunker Rahasia

pic by: Mail online.co.uk

Israel telah membunuh ‘pemimpin baru’ Hizbullah dalam serangan mendadak yang mematikan terhadap bunker tersembunyi, pukulan terbaru bagi kelompok teror yang didukung Iran tersebut. Hashem Safieddine tewas dalam serangan udara Israel di Beirut selatan pada awal Oktober, kata militer Israel hari ini. Safieddine adalah seorang ulama yang kuat dalam jajaran Hizbullah dan diantisipasi untuk menggantikan Hassan Nasrallah.

Menurut Israel, Safieddine tewas selama serangan udara mereka pada awal Oktober di pinggiran selatan Beirut. Sekitar 25 pemimpin Hizbullah lainnya juga dilaporkan tewas selama serangan udara tersebut. Sebagai kepala dewan eksekutif Hizbullah, Safieddine mengawasi urusan politik kelompok tersebut. Ia juga duduk di Dewan Jihad, di mana ia membantu mengelola urusan militer.

Safieddine dipersiapkan untuk peran kepemimpinan oleh Nasrallah sebelum ia juga terbunuh dalam serangan udara Israel di Beirut. Ia mengenakan serban hitam yang menunjukkan garis keturunan Nabi Muhammad, dan kemiripan fisiknya dengan Nasrallah – yang memimpin kelompok Syiah Lebanon selama lebih dari tiga dekade – juga menjadikannya favorit untuk suksesi.

Safieddine berasal dari keluarga Syiah Lebanon terkemuka, dan lahir di wilayah selatan negara yang mayoritas penduduknya Syiah. Ia belajar di sekolah agama di kota Qom, Iran, sebelum kembali ke Lebanon pada tahun 1990-an untuk mengemban tanggung jawab kepemimpinan dalam kelompok tersebut. Safieddine menjalin hubungan yang kuat dengan para pendukung Hizbullah di Iran.

Putranya, Rida, menikah dengan putri mendiang jenderal Iran Qassem Soleimani, kepala Pasukan Quds Garda Revolusi Iran, hingga ia terbunuh oleh serangan pesawat nirawak AS di Baghdad pada tahun 2020. Saudaranya, Abdullah, menjabat sebagai perwakilan Hizbullah di Teheran.

Sebagai kepala dewan eksekutif, Safieddine memainkan peran yang oleh sebagian orang disamakan dengan perdana menteri pemerintah, yang bertanggung jawab atas serangkaian lembaga Hizbullah yang terlibat dalam perawatan kesehatan, pendidikan, budaya, dan konstruksi, serta kegiatan lainnya. Ia memimpin upaya untuk membangun kembali pinggiran selatan Beirut yang dikuasai Hizbullah setelah perang kelompok itu dengan Israel tahun 2006, ketika sebagian besar wilayah itu diratakan oleh serangan udara Israel.

Populer video

Berita lainnya