Thomas Poll dan Darah Indonesia, Siap Bela Garuda

Pict by Instagram

Thomas Poll, pemain sepak bola berusia 23 tahun yang kini bermain di SC Cambuur, Liga Belanda, mengungkap bahwa dirinya memiliki darah Indonesia. Meskipun penampilannya sangat “bule,” Poll menjelaskan bahwa darah Indonesia mengalir dari pihak ayahnya.

Dalam wawancara dengan YouTuber Yussa Nugraha, Poll membuka cerita tentang leluhurnya. Ia menjelaskan bahwa darah Indonesia berasal dari kakeknya, yang lahir di Bogor pada tahun 1946. Kakeknya pindah ke Belanda pada tahun 1948 ketika berusia 2 tahun. Poll menuturkan, meski kakeknya telah meninggal, warisan budaya Indonesia tetap ada di keluarganya.

Menurut Poll, kakeknya 100 persen berdarah Indonesia, sementara ayahnya setengah Indonesia dan setengah Belanda. Ini membuat Poll memiliki seperempat darah Indonesia. Meskipun demikian, banyak orang yang meragukan asal-usulnya karena wajahnya yang dinilai sangat “bule.” Bahkan, sempat ada rumor bahwa ia memiliki darah Malaysia, yang segera dibantah oleh Poll.

Meskipun belum pernah mengunjungi Indonesia dan lebih terhubung dengan budaya Belanda, Poll mengungkapkan bahwa keluarganya masih melestarikan beberapa tradisi Indonesia, terutama dalam hal makanan. Salah satu favoritnya adalah gado-gado, makanan khas Indonesia yang terdiri dari sayuran dengan saus kacang. Ia bahkan belajar membuatnya dari sang ayah.

Saat ditanya mengenai kemungkinan membela Timnas Indonesia, Poll mengaku belum dihubungi oleh PSSI. Namun, ia menyatakan kesiapannya untuk membela skuad Garuda jika diminta. Poll melihat ini sebagai kesempatan yang bagus dan terbuka jika PSSI menghubunginya di masa depan.

Jika PSSI tertarik, Poll akan menambah persaingan di posisi bek sayap kiri Timnas Indonesia, yang saat ini sudah diisi oleh pemain-pemain seperti Calvin Verdonk, Shayne Pattynama, Nathan Tjoe-A-On, dan Pratama Arhan.

Populer video

Berita lainnya