DPR Setujui Herindra sebagai Kepala BIN Baru

Pict by Instagram

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) memberikan apresiasi kepada Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan atas pengabdiannya selama menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) sejak tahun 2016. Apresiasi ini disampaikan oleh Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, dalam Rapat Paripurna Ke-4 DPR RI Masa Persidangan I Tahun Sidang 2024–2025. Agenda rapat tersebut adalah persetujuan pemberhentian dan pengangkatan calon Kepala BIN di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (10/10/2024).

Dasco mewakili Tim DPR RI menyatakan, “Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Budi Gunawan atas kontribusi, pengabdian, dan capaian selama menjabat sebagai Kepala BIN.” Dalam rapat tersebut, DPR juga memberikan persetujuan kepada Letnan Jenderal TNI (Purn) Muhammad Herindra sebagai calon Kepala BIN yang baru menggantikan Budi Gunawan. Usulan tersebut diajukan oleh Presiden Joko Widodo melalui surat bernomor R-51/Pres/10/2024.

Ketua DPR RI, Puan Maharani, yang memimpin rapat, menanyakan kepada seluruh anggota DPR RI, “Apakah laporan Tim DPR RI yang memutuskan bahwa Muhammad Herindra layak menggantikan Budi Gunawan dapat disetujui?” Pertanyaan ini dijawab dengan persetujuan oleh seluruh anggota DPR RI dan fraksi yang hadir, disertai riuh tepuk tangan.

Selain Puan Maharani dan Sufmi Dasco, hadir pula Wakil Ketua DPR RI lainnya, yaitu Saan Mustopa, Adies Kadir, dan Cucun Ahmad Syamsurijal. Para pimpinan DPR RI tersebut turut memberikan selamat kepada Herindra atas jabatannya yang baru sebagai Kepala BIN.

Herindra saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan. Presiden Jokowi mengusulkannya untuk menggantikan Budi Gunawan melalui surat resmi tertanggal 10 Oktober 2024. Selain itu, Herindra diketahui sebagai salah satu tokoh yang hadir di rumah Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Kartanegara IV, Jakarta Selatan, pada Senin (14/10/2024). Beberapa tokoh yang datang ke rumah Prabowo dikabarkan akan mengisi posisi dalam kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran.

Populer video

Berita lainnya