Gol Kontroversial Gagalkan Indonesia Jadi Runner-Up Grup C

Pict by Instagram

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Grup C telah memasuki matchday ketiga pada Kamis (10/10/2024). Jepang menunjukkan dominasi sempurna dengan kemenangan ketiga beruntun, mengalahkan Arab Saudi 2-0 di Jeddah. Gol dicetak oleh Daichi Kamada dan Koki Ogawa di tiap babak, membuat Jepang kian kokoh di puncak klasemen dengan 9 poin tanpa kebobolan. Sebelumnya, Jepang menghancurkan China 7-0 dan Bahrain 5-0. Media Jepang, Sports Nippon, mencatat ini sebagai rekor bersejarah: untuk pertama kalinya, Jepang menang tanpa kebobolan dalam tiga laga awal kualifikasi.

Di sisi lain, Arab Saudi menelan kekalahan pertama mereka setelah sebelumnya bermain imbang 1-1 melawan Indonesia dan menang 2-1 atas China. Kekalahan ini menempatkan Arab Saudi di posisi ketiga dengan 4 poin, disalip oleh Australia yang juga memiliki 4 poin setelah menang 3-1 atas China. Sejatinya, timnas Indonesia bisa saja menduduki posisi runner-up jika bukan karena gol kontroversial Bahrain yang menggagalkan kemenangan.

Indonesia bermain imbang 2-2 melawan Bahrain di Stadion Nasional Bahrain. Gol dari Ragnar Oratmangoen dan Rafael Struick membawa Indonesia unggul 2-1 hingga menit ke-90+6. Namun, pada menit-menit tambahan, Bahrain berhasil menyamakan kedudukan melalui Mohamed Marhoon. Meski waktu tambahan sudah melewati menit ke-100, wasit Ahmed Al Kaf tidak menghentikan pertandingan, dan gol ini terjadi tanpa ada tinjauan VAR.

Hasil imbang ini membuat Indonesia gagal meraih tiga poin penuh dan harus puas dengan satu poin. Kini, tim asuhan Shin Tae-yong menempati posisi kelima dengan tiga poin dari tiga kali imbang. Australia, Saudi, dan Bahrain berada di atas mereka dengan 4 poin. Sementara itu, China terpuruk di dasar klasemen tanpa poin. Indonesia memiliki kesempatan besar untuk memperbaiki posisi saat bertandang ke China pada matchday 4, Selasa (15/10/2024).

Populer video

Berita lainnya