Gigi Sehat, Senyum Merona! Yuk, Coba Tips Ini

ilustrasi by pexels

Gigi sehat itu penting banget, bukan cuma buat senyum percaya diri, tapi juga buat kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bayangin aja kalau gigi kamu sakit atau berlubang, pasti aktivitas makan jadi enggak nyaman dan bisa mengganggu kesehatan tubuh lainnya. Nah, buat kamu yang pengen punya gigi sehat dan kuat, yuk simak tips-tips berikut ini!

1. Gosok Gigi Secara Rutin

Ini dia yang paling penting! Gosok gigi minimal dua kali sehari, pagi setelah bangun tidur dan sebelum tidur. Gunakan sikat gigi berbulu lembut dan pasta gigi mengandung fluoride. Jangan lupa gosok gigi secara perlahan dan teliti, ya!

2. Jangan Lupa Berkumur

Setelah menggosok gigi, jangan lupa berkumur dengan mouthwash. Mouthwash bisa membantu membersihkan sisa-sisa makanan dan bakteri yang masih menempel di gigi.

3. Gunakan Benang Gigi

Benang gigi berfungsi membersihkan sela-sela gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi. Usahakan untuk menggunakan benang gigi setidaknya sekali sehari.

4. Periksakan Gigi Secara Berkala

Periksakan gigi ke dokter gigi minimal enam bulan sekali. Dokter gigi akan memeriksa kesehatan gigi dan mulutmu, serta membersihkan karang gigi.

5. Jaga Pola Makan

Makanan manis dan asam bisa merusak email gigi. Batasi konsumsi makanan dan minuman manis, serta perbanyak konsumsi buah dan sayuran.

6. Hindari Kebiasaan Buruk

Beberapa kebiasaan buruk seperti merokok, menggigit kuku, dan membuka botol dengan gigi bisa merusak gigi. Hindari kebiasaan-kebiasaan tersebut ya!

7. Minum Air Putih yang Cukup

Minum air putih yang cukup membantu menjaga kelembapan mulut dan mencegah mulut kering.

8. Gunakan Straw

Saat minum minuman bersoda atau jus buah, sebaiknya gunakan sedotan. Hal ini untuk meminimalkan kontak antara minuman manis dengan gigi.

Menjaga kesehatan gigi itu enggak sulit, kok. Dengan menerapkan tips-tips di atas secara rutin, kamu bisa memiliki gigi sehat dan kuat. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan mulut dan periksakan gigi ke dokter secara teratur.

Populer video

Berita lainnya