3 Hal Agar Anak Tumbuh dengan Rasa Dicintai & Diterima

pic by: canva.com

Sebagai orang tua, yang Anda inginkan hanyalah yang terbaik untuk anak-anak Anda, dan Anda mungkin akan melakukan apa saja untuk mewujudkannya. Namun, mengetahui cara membantu anak-anak Anda merasa dicintai dengan cara yang akan memberi mereka kepercayaan diri seumur hidup untuk menghadapi dunia bukanlah hal yang mudah.

​​Kebanyakan dari kita melakukannya secara berlebihan atau gagal. Jadi, bagaimana Anda dapat membantu anak-anak Anda merasa lebih diterima di dunia ini? Terapis keterikatan Eli Harwood menjelaskan tiga cara untuk membantu anak Anda merasa diterima di dunia ini dalam sebuah video yang bermanfaat dan menginspirasi.

Tiga hal yang dibutuhkan setiap anak agar tumbuh dengan rasa dicintai dan diterima:

1. Mereka perlu tahu bahwa emosi mereka baik-baik saja

Langkah pertama adalah memastikan anak-anak Anda merasa dicintai dan diterima terlepas dari kondisi emosional mereka. Namun, apa artinya ini?

Anak Anda akan mengalami hari-hari yang buruk. Mereka akan mengalami hari-hari di mana mereka merasa sedih, marah, pemarah, atau putus asa. Bagaimana kita bereaksi sebagai orang tua adalah yang terpenting. Sering kali, ketika anak-anak kita sedang dalam suasana hati yang buruk, kita bereaksi secara negatif. Kita berteriak, mendesah, memutar mata, atau mengabaikan anak-anak kita selama episode emosional mereka.

Namun, pesan apa yang kita kirimkan ketika kita mengabaikan mereka selama masa-masa mereka membutuhkan? Atau, ketika mereka bertindak? Pada dasarnya kita mengatakan bahwa emosi mereka yang sulit terlalu membebani kita untuk ditangani.

Pesan apa yang seharusnya kita kirimkan sebagai gantinya? Menurut Harwood, anak-anak kita harus tahu, “Mereka tidak perlu tampil untuk terhubung dengan kita.”

2. Mereka perlu tahu bahwa kita menganggap kehadiran mereka menyenangkan

“Inti dari rasa memiliki adalah perasaan diinginkan di dalam ruangan,” Harwood memulai. Sayangnya, kebanyakan orang tua tidak menyadari hal ini.

Orang tua memiliki banyak hal yang harus dilakukan saat ini. Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, “67,0 persen dari keluarga kedua orang tuanya bekerja.” Dengan kedua orang tua bekerja, mungkin terasa mustahil untuk menyediakan waktu bagi anak-anak. Terutama, jika Anda hampir tidak memiliki waktu untuk diri sendiri saat ini.

Meskipun dapat dimengerti, sebagai orang tua, Anda perlu menyisihkan waktu untuk anak-anak Anda dan meluangkan waktu dua puluh menit untuk terhubung dengan anak Anda. Hubungan tersebut akan menerangi dunia mereka dan membuat mereka tahu bahwa Anda menikmati kehadiran mereka, karena anak-anak Anda berharga bagi mereka.

3. Mereka perlu merasa bahwa kita bangga dengan diri mereka

Entah Anda menyadarinya atau tidak, anak Anda selalu mencari validasi dari Anda, sebagaimana didukung dalam sebuah studi tentang validasi emosi oleh orang tua. Mereka ingin tahu bahwa Anda bangga terhadap mereka dan Anda menghargai mereka. ;

Harwood menjelaskan, “Bukan karena apa yang mereka lakukan, tetapi karena siapa mereka.” Kita dapat menghargai selera humor mereka yang unik atau ocehan mereka. Kita tidak mempermasalahkan jati diri mereka yang sebenarnya dan kekurangan yang mungkin menyertainya. ;

Anak Anda perlu tahu bahwa Anda bangga terlepas dari apa yang mungkin atau mungkin tidak mereka capai dalam hidup. Karena, “Anak-anak kita dapat merasakan bahwa mereka diinginkan, mereka diterima, dan kita bangga dengan siapa mereka,” jelas Harwood.

Pada saat yang sama, mereka juga dapat merasakan ketika mereka tidak diterima atau diinginkan. Jadi, apakah Anda ingin melindungi mereka dari penolakan? Apakah Anda ingin membantu mereka secara tidak sadar mengelilingi diri mereka dengan orang-orang yang mencintai, memuja, dan menghargai anak Anda seperti Anda?

Lalu, mulailah dengan melakukan hal-hal kecil. Biarkan mereka tahu betapa mereka benar-benar dicintai dan dihargai. Biarkan mereka tahu kehadiran mereka lebih dari sekadar diterima, dan terlepas dari keberhasilan mereka, Anda bangga pada mereka apa adanya.

Populer video

Berita lainnya