Cara Membantu Anak-anak Mempersiapkan Diri Secara Spiritual untuk Ramadhan

pic by: canva.com

Bulan Ramadhan merupakan momen penting bagi umat Muslim dewasa. Kita menghabiskan hari-hari menjelang bulan tersebut untuk merencanakan dan mempersiapkan segala ibadah yang ingin kita lakukan di bulan Ramadhan. Sering kali, kita tidak melibatkan anak-anak dalam persiapan ini, terutama jika menyangkut hal-hal yang bersifat spiritual. Anak-anak mungkin bergabung dengan kita untuk membersihkan rumah atau memasak makanan dalam jumlah banyak, tetapi tidak bergabung dengan kita untuk merencanakan ibadah kita.

Jika Anda berencana untuk mendorong anak Anda berpuasa di bulan Ramadhan, ada baiknya untuk mempersiapkan mereka secara spiritual sehingga mereka dapat memahami tujuan Ramadhan dan lebih bersemangat untuk berpartisipasi. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu anak-anak mempersiapkan diri secara spiritual untuk Ramadhan.

Bicarakan dengan Mereka tentang Ramadhan

Hal terbaik yang dapat Anda mulai ketika membantu anak-anak melakukan ibadah adalah dengan membicarakannya dengan mereka. Ketika kita membicarakan suatu ibadah sebelum mendorong mereka untuk melakukannya, kita memberi mereka pengetahuan tentang ibadah tersebut dan membantu mereka memahami agama mereka dengan lebih baik. Ini adalah pendekatan yang jauh lebih efektif untuk mengajarkan anak-anak tentang Islam.

Terkait Ramadhan, berikut ini beberapa hal yang dapat Anda bicarakan sebagai pengetahuan latar belakang: Apa itu Ramadhan (bulan ke-9 dalam kalender Islam, bulan puasa, dll.), Mengapa umat Islam berpuasa di bulan Ramadhan, Waktu-waktu puasa (dari fajar hingga senja), Pahala puasa, Hal-hal yang membatalkan puasa, Hal-hal yang tidak diperbolehkan selama Ramadhan, Bagaimana Ramadhan dimulai dalam sejarah Islam, dan Peristiwa penting yang terjadi selama Ramadhan (misalnya, turunnya Al-Qur’an dan Lailatul Qadar)

Ajak Mereka Berpuasa Beberapa Hari di Bulan Sya’ban

Untuk mempersiapkan mereka menghadapi jam-jam puasa selama Ramadhan, Anda dapat mengajak mereka berpuasa selama beberapa hari atau jam di bulan Sya’ban. Ini seperti melatih perut mereka agar terbiasa tidak makan selama beberapa jam, sehingga ketika Ramadhan tiba, jam-jam puasa tidak mengejutkan sistem tubuh mereka. Anda dapat melakukan ini untuk anak mana pun, baik mereka baru pertama kali berpuasa atau belum.

Dorong Mereka untuk Berbuat Baik

Sebagai bagian dari pelatihan mereka untuk Ramadhan, dorong anak untuk berbuat baik di bulan atau hari-hari sebelum Ramadhan. Ini adalah sesuatu yang dilakukan orang dewasa, sejak zaman para Sahabat. Kita mencoba untuk lebih banyak berdoa, bersedekah, atau berdzikir kepada Allah (SWT). Ini adalah sesuatu yang dapat kita dorong untuk dilakukan anak-anak saat kita membantu mereka mempersiapkan diri secara rohani untuk Ramadhan. Beberapa perbuatan baik yang dapat Anda dorong mereka lakukan: Bersedekah (bahkan kepada saudara atau teman), Berzikir di pagi dan sore hari, Mengingat Allah SWT dan memuji-Nya di siang hari, Berdoa sunah sunah, Membaca beberapa ayat Al-Qur’an setiap hari, Membantu pekerjaan rumah, dan Membantu teman di sekolah.

Dorong Mereka untuk Membaca Al-Qur’an

Ramadhan adalah bulan Al-Qur’an dan sebagai orang dewasa, kita menaruh fokus khusus untuk membaca lebih banyak Al-Qur’an selama bulan ini. Bantu anak Anda mempersiapkan diri secara rohani untuk Ramadhan dengan mendorong mereka untuk membacanya selama hari-hari Sya’ban. Ini dapat dilakukan dengan membaca sedikitnya tiga ayat setiap hari pada waktu tertentu. Anda dapat membuatnya lebih menyenangkan bagi mereka dengan membaca ayat-ayat tersebut bersama-sama, atau dengan Anda membacakannya kepada mereka sambil mereka mendengarkan.

Tidurkan Anak Lebih Awal

Ramadhan mengubah jadwal tidur kita karena kita salat Tarawih setelah Isya dan bangun untuk Sahur sebelum salat Subuh. Untuk membantu anak-anak mempersiapkan diri menghadapi perubahan ini, Anda dapat menyesuaikan jadwal tidur mereka beberapa minggu sebelum Ramadhan. Anda dapat menidurkan mereka segera setelah salat Isya daripada membiarkan mereka bermain satu permainan lagi atau sekadar bermain-main di sekitar rumah. Ketika mereka tidur lebih awal, insya Allah, akan lebih mudah untuk membangunkan mereka lebih awal untuk sahur dan mereka tidak akan kekurangan tidur.

Diriwayatkan oleh Al-Aswad: Saya bertanya kepada `Aisyah, “Bagaimana salat malam Nabi?” Ia menjawab, “Beliau biasa tidur lebih awal di malam hari, dan bangun di bagian terakhirnya untuk salat, lalu kembali ke tempat tidurnya. Ketika Muadzin mengumandangkan Adzan, beliau akan bangun. Jika beliau perlu mandi, beliau akan mandi; jika tidak, beliau akan berwudhu lalu keluar (untuk salat).” (Bukhari)

Salat di Masjid

Lebih banyak orang shalat berjamaah di Masjid selama Ramadhan, dibandingkan pada waktu-waktu lainnya dalam setahun. Sebelum Ramadhan tiba, ada baiknya untuk mengajak anak-anak salat di Masjid, terutama jika mereka belum pernah salat di sana, agar mereka terbiasa dengan pengalaman salat berjamaah dan berdiri lebih lama sebelum Ramadhan tiba. Ini juga akan membantu mereka mempelajari adab-adab salat di Masjid, seperti tempat menyimpan barang, menjaga ketenangan, berbaris rapi, dan lain-lain, sebelum Masjid penuh sesak selama Ramadhan.

Bantu Mereka Membuat Daftar Ibadah untuk Ramadhan

Sekarang setelah mereka berlatih melakukan lebih banyak ibadah, dorong mereka untuk menuliskan ibadah yang ingin mereka lakukan di bulan Ramadhan. Sama seperti orang dewasa, anak-anak tidak dapat melakukan semua ibadah yang mungkin dilakukan di bulan Ramadhan. Dengan membuat daftar, mereka dapat fokus pada ibadah yang mereka sukai atau yang mudah mereka lakukan. Untuk membantu mereka memilih ibadah, Anda dapat mengajukan pertanyaan seperti “ibadah apa yang ingin Anda lakukan setiap hari di bulan Ramadhan?”

Minta Mereka Berdoa untuk Menyaksikan Ramadhan

Berdoa agar Allah (SWT) menganugerahi kita kehidupan untuk menyaksikan bulan ini merupakan bagian dari persiapan spiritual untuk Ramadhan. Dorong anak-anak untuk berdoa agar dapat menyaksikan Ramadhan dan ini bahkan akan meningkatkan rasa ingin tahu mereka terhadap bulan ini, insya Allah.

Populer video

Berita lainnya