Letjen Purn AM Putranto Pimpin Tim Pemenangan Pilkada Jateng

Pict by Instagram

Letjen TNI (Purn) AM Putranto resmi ditunjuk sebagai Ketua Tim Pemenangan pasangan Ahmad Luthfi dan Taj Yasin Maimoen dalam Pilkada Jawa Tengah 2024. Penunjukan ini diumumkan saat deklarasi tim pemenangan yang digelar di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (7/9/2024), bersama Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus yang terdiri dari 15 partai. “Saya ditugaskan Pak Prabowo untuk membantu kemenangan pasangan Luthfi-Yasin,” ungkap Putranto dalam acara tersebut.

Tim pemenangan ini terdiri dari 56 orang, meliputi Dewan Pakar, Penasihat, Pengarah, dan Pembina. Putranto memimpin tim ini dengan berbagai strategi untuk mendukung Luthfi-Yasin memenangkan Pilkada Jateng 2024.

Profil Singkat AM Putranto

Anto Mukti Putranto, lahir di Jember, Jawa Timur, pada 26 Februari 1964, adalah anak ketiga dari empat bersaudara. Dalam buku biografinya, Letjen TNI (Purn) Anto Mukti Putranto: Bekerja dengan Hari, Profesional, Selalu Bersyukur, diceritakan bahwa Putranto sejak kecil bercita-cita menjadi tentara. Hal ini terinspirasi oleh cerita ayahnya tentang seorang jenderal, serta pengalamannya melihat kaleng susu merek Sinta yang dihubungkan dengan militer.

Saat di SMA, Putranto mulai berlatih fisik dengan serius. Ia berhasil masuk Akabri Magelang dan termasuk taruna berprestasi, bahkan menjadi salah satu dari empat lulusan terbaik tahun 1987. Karier militernya dimulai di Kodam VI/Tanjungpura, Kalimantan, dengan penugasan sebagai infanteri.

Pada tahun 2000, Putranto diangkat sebagai Pejabat Sementara Danyonif Linud 433/3 Kostrad di Irian Jaya (sekarang Papua). Ia menjadi Danyon termuda dan bertugas menjalin komunikasi dengan Organisasi Papua Merdeka (OPM). Saat Jenderal M. Yusuf meninggal pada 2004, Putranto diberi kehormatan mengurus pemakaman militer bagi mantan Panglima ABRI tersebut.

Karier Militer dan Penghargaan

Putranto juga mengikuti pelatihan militer di luar negeri, termasuk di Amerika Serikat, Thailand, Lebanon, Australia, dan Rusia. Pada 2012, ia bertugas sebagai Koordinator Tim SAR Gabungan untuk menyelamatkan pesawat Sukhoi yang jatuh di Gunung Salak, Jawa Barat.

Setelah 35 tahun berkarier, Putranto pensiun pada 2 Februari 2022. Jabatan terakhirnya adalah Komandan Kodiklat TNI AD. Sepanjang kariernya, ia menerima berbagai penghargaan, termasuk Indonesian Automotive Figure dari Ikatan Motor Indonesia (IMI), serta penghargaan dari Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Kiprah Setelah Pensiun

Dua bulan setelah pensiun, Putranto ditunjuk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai staf khusus Menhan pada 17 Mei 2022. Tugas utamanya adalah sinkronisasi kebutuhan alutsista Matra Darat.

Pada Maret 2024, Menteri BUMN Erick Thohir mengangkatnya sebagai komisaris PT Pindad. Selain itu, ia juga dipercaya sebagai Tenaga Ahli Menteri Pertanian di bidang optimasi lahan. Di luar dunia militer dan pemerintahan, Putranto dan keluarganya menjalankan usaha air mineral bermerek Nirvana di Bogor, Jawa Barat.

Populer video

Berita lainnya