Ini 5 Kandungan Skin Care yang Tidak Boleh Digunakan di Malam Hari

Pict by: Unsplash

Menjaga kesehatan kulit dengan rutinitas perawatan yang tepat adalah hal yang penting, terutama ketika memilih produk skincare yang sesuai untuk siang dan malam hari. Meski beberapa bahan dalam produk skincare bisa memberikan manfaat optimal jika digunakan pada waktu tertentu, ada beberapa kandungan yang sebaiknya dihindari pada malam hari karena efeknya yang kurang maksimal atau bahkan bisa membahayakan kulit. Yuk, kenali lima kandungan skincare yang sebaiknya tidak digunakan di malam hari!

1. Sunscreen (Tabir Surya)

Tabir surya atau sunscreen adalah produk yang dirancang khusus untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV di siang hari. Kandungan seperti zinc oxide, titanium dioxide, atau avobenzone pada sunscreen bekerja efektif saat terpapar sinar matahari.

  • Mengapa Tidak untuk Malam Hari?: Sunscreen tidak memberikan manfaat tambahan saat malam karena tidak ada sinar UV yang perlu dilindungi. Menggunakan sunscreen di malam hari hanya akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan kulit menjadi lebih berminyak atau bahkan berjerawat.
  • Alternatif Malam Hari: Fokuslah pada pelembap atau serum yang mengandung bahan aktif untuk memperbaiki dan meremajakan kulit seperti retinol, hyaluronic acid, atau peptides.

2. Vitamin C (Ascorbic Acid)

Vitamin C adalah salah satu bahan aktif yang populer dalam perawatan kulit karena manfaatnya dalam mencerahkan dan melindungi kulit dari radikal bebas serta merangsang produksi kolagen.

  • Mengapa Tidak untuk Malam Hari?: Vitamin C lebih efektif digunakan pada siang hari karena kemampuannya melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang dihasilkan oleh paparan sinar matahari dan polusi. Selain itu, vitamin C cenderung menjadi tidak stabil jika terkena panas dan cahaya.
  • Alternatif Malam Hari: Di malam hari, ganti dengan produk yang mengandung retinol atau niacinamide yang lebih cocok untuk proses regenerasi kulit.

3. AHA dan BHA (Alpha Hydroxy Acids dan Beta Hydroxy Acids)

AHA dan BHA adalah eksfolian kimia yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati, mencerahkan kulit, serta membantu mengatasi masalah jerawat dan komedo.

  • Mengapa Tidak untuk Malam Hari?: Meskipun banyak yang menganggap AHA dan BHA aman digunakan di malam hari, bahan ini sebenarnya bisa menyebabkan iritasi jika digunakan terlalu sering, terutama jika digabungkan dengan bahan aktif lain seperti retinol. Eksfoliasi berlebihan pada malam hari bisa membuat kulit menjadi terlalu sensitif.
  • Alternatif Malam Hari: Gunakan eksfolian ini hanya 2-3 kali seminggu, dan jangan menggabungkannya dengan bahan-bahan aktif lain yang keras. Di malam hari, pilih pelembap yang menenangkan kulit seperti produk yang mengandung ceramide atau centella asiatica.

4. Benzoyl Peroxide

Benzoyl peroxide sering digunakan dalam produk anti-jerawat karena sifatnya yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan.

  • Mengapa Tidak untuk Malam Hari?: Penggunaan benzoyl peroxide di malam hari dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan iritasi, terutama jika digabungkan dengan bahan aktif lain yang juga keras seperti retinol atau AHA. Bahan ini juga bisa menyebabkan perubahan warna pada pakaian atau sarung bantal.
  • Alternatif Malam Hari: Gunakan benzoyl peroxide pada pagi hari dengan sunblock yang kuat. Untuk malam hari, fokuslah pada produk yang mengandung bahan aktif yang lembut seperti salicylic acid atau tea tree oil.

5. Essential Oils (Minyak Atsiri)

Essential oils seperti lavender, peppermint, atau tea tree oil sering digunakan dalam produk skincare untuk memberikan aroma yang menenangkan dan memiliki beberapa manfaat untuk kulit.

  • Mengapa Tidak untuk Malam Hari?: Beberapa minyak atsiri dapat menyebabkan iritasi, terutama jika digunakan dalam konsentrasi tinggi atau pada kulit yang sensitif. Selain itu, minyak atsiri bisa membuat kulit lebih rentan terhadap fotosensitivitas atau alergi.
  • Alternatif Malam Hari: Jika kamu tetap ingin menggunakan produk yang mengandung essential oils, pastikan kandungannya rendah dan tidak digunakan setiap hari. Untuk malam hari, pilihlah pelembap dengan bahan-bahan yang lebih lembut dan tidak mengiritasi seperti aloe vera atau chamomile.

Kesimpulan

Memilih kandungan skincare yang tepat untuk waktu yang tepat sangatlah penting untuk mendapatkan hasil terbaik bagi kulitmu. Hindari menggunakan lima bahan di atas pada malam hari agar kulit tetap sehat dan terjaga. Fokuslah pada produk yang menutrisi dan memperbaiki kulit saat tidur, seperti serum retinol, hyaluronic acid, dan moisturizer yang kaya akan kandungan pelembap. Ingat, kunci dari skincare yang efektif adalah pemakaian yang sesuai dan konsisten!

Populer video

Berita lainnya