Sasaran Pengasuhan Anak secara Islami, Pertanyaan Penting bagi Para Orang Tua Muslim

pic by: canva.com

Sasaran pengasuhan anak secara Islami Di awal tahun, seperti jutaan orang lainnya, saya meluangkan waktu untuk merenungkan seperti apa Tahun Baru yang saya inginkan. Bagi saya, dan mungkin bagi banyak orang yang membaca ini, refleksi Tahun Baru biasanya lebih terfokus pada peningkatan spiritual, pribadi, pendidikan, dan keuangan, bukan hal-hal seperti sasaran pengasuhan anak secara Islami.

Namun, saya menyadari bahwa sama pentingnya dengan semua sasaran hidup lainnya, penting juga untuk memiliki peta jalan pengasuhan anak, serta visi Anda tentang tipe anak yang ingin Anda besarkan. Bagi seseorang yang ingin secara sengaja membesarkan anak-anak berdasarkan Sunnah, mengasuh anak secara asal-asalan atau mengikuti arus bukanlah pendekatan utama kita dalam mengasuh anak.

Harus ada rencana yang disengaja yang membawa kita dari titik A ke titik B, dan akhirnya, jika Allah menghendaki, membesarkan tipe anak yang kita inginkan. Saya telah memusatkan peta jalan ini pada tiga aspek terpenting dalam mengasuh anak dalam Islam, dan saya sungguh berharap peta jalan ini membantu Anda memperoleh gambaran yang jelas tentang apa yang ingin Anda capai.

Tahlim (Pendidikan Agama)

Menurut saya, sejauh menyangkut pendidikan anak dalam Islam, pendidikan agama adalah yang paling populer. Dengan satu atau lain cara, kita telah memahami pentingnya mengajarkan anak-anak kita cara membaca Al-Qur’an, paling tidak. Namun, kita harus melangkah lebih jauh dan dalam menetapkan tujuan mengasuh anak, tanyakan pada diri kita pertanyaan-pertanyaan berikut:

Apa visi saya untuk pendidikan Islam anak saya? Selain belajar membaca Al-Qur’an, pengetahuan lain apa yang saya ingin dia miliki? Ini bisa berupa menghafal hadis, fiqih, pengetahuan tentang sirah, berbicara bahasa Arab, dll. Membaca Al-Qur’an saja tidak cukup, pengetahuan tentang setiap aspek agama lainnya membuat kita menjadi Muslim yang lebih baik.

Bagaimana saya dapat mencapai visi ini untuk anak saya? Sumber daya apa yang saya butuhkan, atau langkah apa yang perlu saya ambil?

Tahdib (Disiplin)

Saya berpendapat bahwa tahdib mencakup semua hal yang dimiliki seseorang. Tahdib mencakup akhlak (tata krama) dan akhlak (disiplin). Siapa diri kita ditentukan oleh jenis tata krama dan disiplin yang kita miliki. Seseorang dapat menjadi hafidz (orang yang telah menghafal Al-Qur’an) dan mampu mengutip semua hadis yang disusun oleh Imam Bukhari di luar kepala.

Namun, kecuali mereka mampu melakukan hal-hal dengan cara yang benar, kecuali jiwa dan karakter mereka mencerminkan ajaran Islam semaksimal mungkin, kita tidak dapat mengatakan bahwa pengetahuan Al-Qur’an telah bermanfaat bagi mereka.

Jadi, tanyakan pada diri Anda:

Jenis disiplin apa yang terbaik untuk anak saya?

Tata krama apa yang ingin saya tanamkan kepada mereka?

Bagaimana saya membimbing mereka untuk memperoleh tata krama dan disiplin seperti itu? Tarbiyyah (pendidikan agama)

Kita dapat mengatakan bahwa inilah inti dari memiliki visi untuk anak Anda karena para ulama telah mendefinisikan tarbiyyah sebagai visi yang Anda miliki untuk pendidikan anak-anak Anda. Tarbiyyah adalah proses yang Anda lalui untuk mencapai tujuan pengasuhan yang telah Anda bangun untuk mereka.

Jadi, Anda ingin bertanya pada diri sendiri: Bagaimana saya menginginkan anak saya? Dan bagaimana saya membawa mereka ke sana? Pertanyaan kedua ini ditujukan untuk anak-anak dan juga orang tua karena Anda akan menemukan bahwa banyak analisis diri yang akan terjadi.

Setiap pilihan yang kita buat setiap hari terkait dengan pengasuhan, berkontribusi pada tarbiyyah seorang anak. Mengasuh anak itu sendiri adalah usaha seumur hidup, dan bagi orang-orang yang sudah memiliki anak, kita tahu bahwa ini adalah tanggung jawab yang harus didekati dengan sengaja.

Itulah sebabnya mengapa penting bahwa visi kita untuk membesarkan anak-anak kita dalam terang Al-Qur’an dan Sunnah harus secara sengaja direnungkan dan dirumuskan sehingga kita dapat mengetahui ke mana kita akan menuju.

Populer video

Berita lainnya

Tips Mencuci Sepatu Cowok Sendiri di Rumah Biar Lebih Hemat

Tips Mencuci Sepatu Cowok Sendiri di Rumah Biar Lebih Hemat

Waspadai 5 Hal Berikut jika Kamu Sering Merasa Tidak Yakin dengan Dirimu Sendiri

Waspadai 5 Hal Berikut jika Kamu Sering Merasa Tidak Yakin

Beberapa Olahraga dan Latihan Fisik untuk Mengecilkan Betis

Beberapa Olahraga dan Latihan Fisik untuk Mengecilkan Betis

Orang yang Tumbuh dalam Keluarga yang Baik dapat Mengembangkan 7 Sifat Langka ini

Orang yang Tumbuh dalam Keluarga yang Baik dapat Mengembangkan 7

Zodiak yang Termasuk Pejuang Kesuksesan Finansial, Temui 3 Zodiak Teratas

Zodiak yang Termasuk Pejuang Kesuksesan Finansial, Temui 3 Zodiak Teratas

“Dari Planet Lain” Project yang Ternyata Kolaborasi Sal Priadi dengan Tara Basro

“Dari Planet Lain” Project yang Ternyata Kolaborasi Sal Priadi dengan

Christopher Stefanus Budianto alias Steven di Vonis 2,5 Tahun Penjara dalam Kasus Penipuan pada Jessica Iskandar

Christopher Stefanus Budianto alias Steven di Vonis 2,5 Tahun Penjara

Manfaat Luar Biasa dari Penggunaan Sunscreen Setiap Hari untuk Kesehatan Kulit

Manfaat Luar Biasa dari Penggunaan Sunscreen Setiap Hari untuk Kesehatan

Mengenal Jenis-Jenis Sepatu Wanita, Dari Sneakers hingga High Heels

Mengenal Jenis-Jenis Sepatu Wanita, Dari Sneakers hingga High Heels

Bola Basket Kursi Roda, Ini Sejarah, Ketangguhan, dan Teknologi di Paralimpiade Paris 2024

Bola Basket Kursi Roda, Ini Sejarah, Ketangguhan, dan Teknologi di