4 Tipe Anak yang Tidak Perlu ‘Membeli’ Gelar Sarjana untuk Sukses

pic by: canva.com

Pergi ke perguruan tinggi dianggap sebagai ritual penting bagi remaja berusia 18 tahun. Ini adalah langkah selanjutnya yang diharapkan bagi para lulusan senior, tanpa pertanyaan. Namun, biaya kuliah telah menjadi sangat mahal, sampai-sampai banyak remaja bertanya-tanya apakah mereka perlu kuliah atau tidak sama sekali.

Menurut Hannah Maruyama, seorang penulis dan pembawa acara podcast, jawabannya adalah ‘Tidak.’ Dia menggunakan platformnya untuk mengadvokasi orang dewasa awal (remaja) untuk mencari alternatif selain kuliah yang akan mempersiapkan mereka untuk karier yang menguntungkan tanpa utang mahasiswa.

Maruyama mengatakan ada 4 tipe anak yang tidak memerlukan gelar sarjana untuk sukses:

1. Berprestasi tinggi

Kategori pertama termasuk dalam apa yang disebut Maruyama sebagai “berprestasi tinggi,” yang dia gambarkan sebagai siswa yang termotivasi dan belajar sendiri. Mereka membangun proyek mereka sendiri dan sering bosan dengan sekolah, tetapi mereka berprestasi secara akademis. Maruyama berpendapat bahwa orang-orang berprestasi tidak perlu kuliah untuk menjadi sukses, namun perguruan tinggi ingin mereka kuliah untuk meningkatkan reputasi mereka. “Kecuali jika anak Anda akan bekerja di bidang yang secara hukum mengharuskan mereka membeli gelar sarjana untuk mendapatkan pekerjaan itu, misalnya dokter bedah, dokter, [atau] insinyur sipil. Anak Anda tidak perlu kuliah, tetapi perguruan tinggi yang membutuhkan anak Anda,” katanya.

“Mereka membutuhkan anak Anda karena secara statistik mereka cenderung berhasil, dan mereka perlu memberi keberhasilan yang mungkin sudah diraih anak Anda,” simpulnya.

2. Pemutus pola

Tipe siswa berikutnya yang harus mempertimbangkan untuk tidak kuliah adalah pemecah pola. Pada dasarnya, siswa yang berjuang di sekolah dan merasa gagal karena mereka tidak cocok dengan sistem pendidikan yang saat ini terstruktur.

Menurut Maruyama, pemecah pola “Tidak perlu kuliah untuk mendapatkan pekerjaan yang baik. Mereka tidak perlu kuliah untuk mempelajari keterampilan yang berharga.” Dia mencatat bahwa masa depan mereka tidak hanya bergantung pada perguruan tinggi atau sekolah kejuruan karena ada pilihan lain yang tersedia. “Anda akan terkejut dengan banyaknya anak yang saya tangani yang datang dengan IEP dan akhirnya bekerja di bidang teknologi karena tidak ada yang pernah memberi tahu mereka bahwa itu adalah pilihan,” katanya. “Mereka tidak cocok dengan sekolah konvensional karena sekolah konvensional tidak dirancang untuk kebanyakan dari kita.”

Kekecewaannya wajar: Sekolah tidak cocok untuk semua orang, meskipun kita diberi tahu demikian. Dalam konteks yang sama, kuliah bukanlah pilihan yang tepat untuk semua orang, tetapi setiap orang berhak mendapatkan akses ke program dan peluang yang akan memajukan masa depan mereka.

3. Para penentu gelar

Berikutnya dalam daftar mahasiswa yang tidak memerlukan gelar sarjana menurut Maruyama adalah mereka yang disebutnya sebagai “Para Penentu Gelar,” yang digolongkannya sebagai “Dewasa awal (remaja) yang tidak yakin apa yang akan mereka lakukan atau cukup yakin apa yang akan mereka lakukan, tetapi pekerjaan tersebut secara hukum tidak mengharuskan mereka untuk memperoleh gelar sarjana.”

Ia memberikan contoh profesi yang dapat mereka tekuni, termasuk keuangan dan pemasaran. “Mereka hanya perlu mempelajari keterampilan. Mereka perlu membangun portofolio pekerjaan,” katanya. Maruyama mencatat bahwa biaya rata-rata gelar sarjana di AS adalah $104.000 hingga $156.000, menurut data NCES 2023.

Ia berbicara langsung kepada para orang tua, dengan menyatakan, “Anda tidak perlu membayar sebanyak itu agar anak Anda mendapatkan pekerjaan yang akan memberi mereka penghidupan yang layak.” Ia menguraikan kemungkinan jalan yang dapat mereka tempuh, yang akan memberi mereka pelatihan profesional dan tidak memiliki utang pinjaman mahasiswa. “Mereka perlu mempelajari keterampilan dasar dan mendapatkan pekerjaan tingkat pemula serta terus maju,” katanya. “Kuliah bukanlah jalan pintas. Kuliah tidak akan membantu mereka; kuliah justru akan menghalangi mereka untuk memiliki kebebasan dalam mengeksplorasi pekerjaan tingkat pemula dan mencapai tujuan mereka.”

4. Orang-orang yang sangat beruntung

Maruyama menggambarkan “orang-orang yang sangat beruntung” sebagai kelompok mahasiswa yang lebih kecil yang tidak memerlukan kuliah untuk mencapai kestabilan finansial karena mereka memiliki akses ke kekayaan yang dapat diwariskan kepada generasi berikutnya.

Mereka adalah “Anak-anak dengan sumber daya dari luar atau keluarga yang memiliki cukup uang sehingga secara harfiah dana perwalian telah disisihkan untuk pendidikan mereka.” “Uang bekerja secara berbeda bagi mereka,” Maruyama menjelaskan. “Begitu pula tujuan akhir mereka karena kebutuhan mereka tidak sama dengan kita semua.” “Mereka tidak harus mengoptimalkan pendapatan, dan mereka tidak harus mengurangi risiko finansial dengan cara yang sama seperti yang kita semua lakukan,” jelasnya.

“Mereka memiliki kalkulasi risiko yang berbeda dari yang harus kita patuhi,” simpulnya, menyinggung jaring pengaman bawaan yang disediakan oleh kekayaan. Pandangan Maruyama tentang pendidikan tinggi bertentangan langsung dengan narasi menyeluruh masyarakat kita tentang cara mencari nafkah setelah lulus SMA. “Sangat sedikit anak muda berusia 16 hingga 20 tahun yang perlu membeli gelar sarjana untuk mendapatkan pekerjaan bagus atau bahkan mencapai cita-cita mereka,” tegas Maruyama. Kenyataan yang menyedihkan adalah bahwa memiliki gelar sarjana bahkan tidak menjamin pekerjaan: Tanyakan saja kepada banyak lulusan perguruan tinggi yang tidak dapat memasuki dunia kerja, tidak peduli seberapa keras mereka berusaha. Faktanya, survei terbaru menemukan bahwa hanya 46% lulusan yang benar-benar bekerja di bidang studi mereka, dan 16% bahkan tidak memiliki pekerjaan sama sekali. Namun, ada pilihan lain, seperti yang dijelaskan Maruyama. Dia membagikan daftar lima “jalur bebas

Populer video

Berita lainnya