Veronica Tan, Kebahagiaan dan Kemandirian Pasca Perceraian

Pict by Instagram

Veronica Tan menjadi perhatian setelah tampil dalam podcast Melaney Ricardo di YouTube pada 10 Juli 2024. Mantan istri Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ini berbicara tentang kehidupannya setelah bercerai pada 2016. Kini, Veronica sibuk dengan bisnis dan mengurus anak-anaknya. Dia mengelola dua usaha, yaitu bisnis perawatan lansia dan bisnis daging. Di waktu luang, dia menikmati bermain tenis.

Veronica mengungkapkan kepada Melaney bahwa kebahagiaan adalah kunci awet mudanya. “Sekarang lebih bahagia ya, Bu?” tanya Melaney, yang dijawab Veronica dengan tawa. Kebahagiaan Veronica sebagian besar berasal dari anak-anaknya, yang diasuhnya sendiri setelah berpisah dari Ahok. Nicholas Sean Purnama dan Daud Albeenner Purnama tinggal bersamanya, sementara Nathania Purnama sedang kuliah di luar negeri.

“Happy is I can gather with my kids. They are good. Walaupun ada masalah, we can solve it. Just being happy, bukan get away from the problem,” ujarnya. Melaney pun penasaran bagaimana Veronica bisa menjadi sosok yang independen. Namun, Veronica membantah bahwa dirinya memang merencanakan untuk menjadi mandiri. Menurutnya, kemandirian itu datang karena situasi hidup yang harus dihadapinya.

“Aku enggak pernah mikir independent, but it’s coming. Jadinya ya udah, mau enggak mau aku juga harus persiapin,” tuturnya. Veronica mengenang masa-masa saat ia hanya bertugas sebagai ibu rumah tangga. Saat itu, pikirannya sepenuhnya tercurah untuk anak-anak, terutama soal pendidikan mereka. Namun kini, dia harus memikirkan banyak hal, tidak hanya soal keluarga.

“Kalau sekarang, mau enggak mau harus mikir, saya plan apa buat hari ini. Gue harus rencanain apa, planning setahun ke depan gimana. Kalau tiba-tiba ada masalah, gimana nge-deal gitu loh. Itu yang memaksa saya harus (jadi) independent woman,” ucapnya.

Meskipun banyak urusan yang harus diselesaikan sendiri, Veronica mengaku bahagia menjalani proses tersebut. Yang terpenting, menurutnya, adalah saat gagal, orang harus bangkit lagi. Veronica juga mengungkapkan bahwa dia tidak pernah terpikir akan bercerai dari Ahok. “Kalau mau idealis, waktu janji nikah kan sampai mati. (Tapi) nothing is perfect. Ada sesuatu yang bisa lu hindari, tapi ada sesuatu yang memang harus lu jalani dan go through it,” sambungnya.

Pengalaman masa lalu membuat Veronica lebih berpikir panjang untuk menikah lagi. Dia merasa bahagia dengan kehidupannya saat ini. Veronica juga menyinggung perceraiannya kepada anak-anaknya, terutama Nicholas Sean. Sifat impulsif Sean sering memicu pernyataan kontroversial di publik, termasuk ketidakpercayaannya pada cinta.

“Sean punya pikiran sendiri, tapi hatinya lembut. Menurut saya, pribadi Sean itu yang membuat dia berbicara seperti itu. Dia sangat impulsif. Jadi saat dia nggak nyaman dengan cinta atau patah hati, itu membuat dia tidak percaya cinta,” tuturnya.

Veronica berusaha sabar menghadapi situasi tersebut. Dia mengakui ada masa-masa emosi memuncak yang membuatnya harus menyepi agar lebih tenang menghadapi Sean. “Makanya saya bilang time is heal,” ujarnya. Kini, Sean telah berubah menjadi lebih kalem.

Di sisi lain, kehidupan Ahok berjalan bersama istri keduanya, Puput Nastiti Devi, serta kedua anak mereka, Yosafat dan Sarah. Puput baru saja mengunggah foto keluarga yang merayakan ulang tahun ke-66 Ahok.

Populer video

Berita lainnya