Mengapa Kemungkinan Kecil Mengalami Sakit Bahu Ketika Tidur Menyamping? Ini Jawabannya

pic by: canva.com

Meskipun banyak orang mengaitkan nyeri dan nyeri bahu dengan tidur menyamping, kecil kemungkinannya posisi tidur Anda menjadi penyebab utama nyeri tersebut, jelas Michael Stone, MD, ahli bedah ortopedi di Cedars-Sinai Orthopaedics di Los Angeles. “Tidur menyamping tidak menyebabkan nyeri bahu, namun dapat memperburuk gejalanya.”

Bursitis Bahu

Kantung berisi cairan, yang disebut bursae, ditemukan di jaringan sekitar sendi, tendon, dan tulang di tubuh kita, termasuk bahu kita. Bursae ini mengurangi gesekan dan membantu pergerakan. “Radang kandung lendir bahu cukup umum terjadi dan terjadi ketika bursae bahu teriritasi, menyebabkan pembengkakan dan nyeri,” kata Dr. Tempat tidur miring meningkatkan tekanan pada bahu dan dapat memperburuk gejala bursitis.

Cedera Rotator Cuff

“Rotator cuff adalah sekelompok empat otot yang mengelilingi bahu dan memungkinkan kita mengangkat dan memutar lengan,” jelas Su. “Cedera rotator cuff dapat terjadi ketika tendon rotator cuff meradang (dikenal sebagai tendinitis) atau robek sebagian atau seluruhnya.”

Tidur miring ke bahu yang terkena dapat memperburuk gejala cedera rotator cuff, termasuk nyeri atau nyeri tumpul dan berkurangnya rentang gerak bahu, tambah Su.

Capsulitis Perekat

Capsulitis perekat adalah suatu kondisi yang ditandai dengan peradangan pada bahu, meski penyebab pastinya belum jelas. Kondisi ini ditandai dengan kekakuan, nyeri, dan berkurangnya rentang gerak. “Bahu yang tegang dapat menimbulkan nyeri bahu yang parah saat berbaring miring dan membuat hampir tidak mungkin untuk tidur,” kata Dr. Brusovanik.

Osteoartritis Bahu

“Oosteoartritis bahu menggambarkan kerusakan atau hilangnya tulang rawan di bahu,” kata Su. Pada bahu yang sehat, tulang rawan melapisi bola dan soket sendi, memberikan bantalan pada tulang dan memungkinkan sendi bahu meluncur dengan lancar. Pada osteoartritis, hilangnya tulang rawan ini menyebabkan berkurangnya rentang gerak, sendi berbunyi atau berbunyi klik, kaku, dan nyeri. “pasien dengan osteoartritis sering kali mengalami peningkatan nyeri bahu saat tidur menyamping karena peningkatan tekanan pada sendi bahu,” kata Su.

Cara Meredakan Sakit Bahu Karena Tidur Miring

Sangat penting untuk memeriksakan diri jika Anda merasa mati rasa di lengan anda, karena ini bisa menjadi tanda penyakit cakram serviks, kata Brusovanik. Penyakit ini dapat terjadi ketika cakram yang menjadi bantalan tulang belakang leher (bagian leher tulang belakang Anda) mulai melemah, sehingga sering kali menyebabkan nyeri leher dan mati rasa pada lengan.

Ubah Posisi Tidur Anda

Pertama, lihat apakah Anda bisa tidur dengan posisi lain. “Cobalah mengubah posisi tidur anda dengan beralih ke tidur telentang, tengkurap, atau bahu yang tidak nyeri,” kata Su.

Cobalah Latihan Bahu

“Latihan dan peregangan bahu bisa sangat membantu dalam meredakan nyeri bahu,” kata Su. “Latihan bahu yang umum mencakup latihan rentang gerak, penguatan rotator cuff, dan penguatan ekstremitas atas,” katanya, seraya menambahkan bahwa latihan ini tidak hanya meningkatkan rentang gerak dan fleksibilitas tetapi juga dapat membantu mengurangi peradangan di bahu Anda.

Kompres air Panas atau Es

 “Jika Anda menderita osteoartritis bahu, kompres air panas dapat membantu mengendurkan otot dan persendian yang kaku,” kata Su. “Jika Anda mengalami radang bahu atau tendinitis, kompres es dan kompres dingin dapat membantu meminimalkan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan.”

Gunakan Bantal untuk Menopang Bahu dan Lengan Anda

Meletakkan bantal dapat membantu mengurangi tekanan dari bahu tempat anda tidur. “Saat tidur menyamping, hindari tidur dengan lengan di bawah bantal atau dengan siku di atas karena posisi ini dapat menambah tekanan pada bahu,” kata Su. Sebaliknya, berbaringlah pada bahu yang tidak nyeri dan letakkan bantal di bawah lengan yang nyeri untuk memberikan dukungan ekstra.

Populer video

Berita lainnya