Intelijen Ukraina Mengatakan Korea Utara Sudah Berada di wilayah Kursk

pic by: google.com

Dalam foto yang disediakan oleh pemerintah Korea Utara ini, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengunjungi unit helikopter angkatan udara untuk memuji pasukan karena membantu menyelamatkan orang-orang dari banjir baru-baru ini, di lokasi yang dirahasiakan di Korea Utara, Jumat, 2 Agustus 2024.

Jurnalis independen tidak diberi akses untuk meliput peristiwa yang digambarkan dalam gambar yang didistribusikan oleh pemerintah Korea Utara ini. Konten gambar ini sebagaimana disediakan dan tidak dapat diverifikasi secara independen. Tanda air bahasa Korea pada gambar sebagaimana disediakan oleh sumber berbunyi: “KCNA” yang merupakan singkatan dari Korean Central News Agency.

Badan intelijen militer Ukraina mengatakan pada hari Kamis (24 Oktober) bahwa unit Korea Utara pertama yang dilatih di Rusia telah dikerahkan di wilayah Kursk, wilayah perbatasan Rusia tempat pasukan Ukraina melancarkan serangan besar pada bulan Agustus.

Kremlin sebelumnya telah menolak laporan tentang pengerahan pasukan Korea Utara sebagai “berita palsu.” Namun, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pada hari Kamis bahwa Moskow memiliki kewajiban untuk melaksanakan perjanjian kemitraan dengan Pyongyang.

“Unit-unit militer pertama dari DPRK, yang dilatih di tempat pelatihan Rusia bagian timur, telah tiba di zona pertempuran perang Rusia-Ukraina. Secara khusus, pada tanggal 23 Oktober 2024, kehadiran mereka tercatat di wilayah Kursk,” kata badan intelijen Ukraina dalam sebuah pernyataan.

Dikatakan bahwa total sekitar 12.000 tentara Korea Utara, termasuk 500 perwira dan tiga jenderal, telah berada di Rusia, dan pelatihan sedang berlangsung di lima pangkalan militer.

Wakil Menteri Pertahanan Rusia Yunus-Bek Yevkurov ditunjuk untuk bertanggung jawab mengawasi pelatihan militer Korea Utara, kata badan tersebut. Ukraina sebelumnya telah meminta sekutunya untuk menanggapi dengan tegas keterlibatan Korea Utara dalam perang tersebut dengan menjatuhkan sanksi baru dan semakin mengisolasi Pyongyang.

Badan Intelijen Nasional Korea Selatan mengatakan Korea Utara telah mengirim 3.000 tentara, termasuk pasukan khusus, ke Timur Jauh Rusia untuk pelatihan dan aklimatisasi di pangkalan militer di sana, mungkin untuk dikerahkan dalam pertempuran dalam perang tersebut.

Hubungan Moskow dan Pyongyang semakin erat setelah Rusia menginvasi Ukraina pada Februari 2022 dan mereka menandatangani kesepakatan kemitraan strategis yang komprehensif pada bulan Juni. Putin mengatakan perjanjian tersebut mencakup klausul bantuan timbal balik bagi masing-masing pihak untuk membantu pihak lain menangkal agresi eksternal.

Korea Utara telah memasok rudal balistik dan amunisi ke Rusia untuk perangnya di Ukraina, kata Kyiv dan sekutu Baratnya. Pyongyang membantahnya.

Populer video

Berita lainnya