Ini Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Mencegah Infeksi

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Terserang Flu
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Infeksi bisa menular kapan pun, di mana pun, dan lewat perantara apa pun. Penyakit infeksi bisa menimbulkan masalah kesehatan dari yang sepele hingga serius. Oleh karenanya, cara terbaik untuk menjaga kesehatan dengan mencegah infeksi datang. Melansir laman hellosehat, berikut pencegahan yang bisa dilakukan sehari-hari.

Rajin mencuci tangan

Tangan menjadi bagian tubuh yang paling sering digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Sehingga, mikroba penyebab penyakit akan terus menempel di tangan hingga Anda membersihkannya. Jika tidak mencuci tangan, akibatnya sakit perut, diare, dan masalah pencernaan lainnya.

Kementerian Kesehatan RI merekomendasikan gerakan cuci tangan pakai sabun (CTPS) sebagai langkah pencegahan infeksi, terutama saat:

  • Sebelum makan
  • Sebelum memegang, mengolah, dan menyiapkan makanan
  • Setelah buang air besar
  • Setelah melakukan kontak dengan hewan, tanah, dan fasilitas umum, seperti angkutan umum.
  • Untuk pencegahan infeksi yang lebih optimal, usahakan untuk mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik. Bersihkan seluruh bagian tangan dari mulai telapak dan punggung tangan hingga sela-sela jari serta kuku. Bilas dengan air mengalir dan keringkan tangan menggunakan tisu atau lap kering yang bersih.

Memakai masker

Menggunakan masker menjadi salah satu cara efektif dalam pencegahan penyebaran infeksi bakteri, virus, atau mikroba penyebab penyakit lain. Terlebih di tengah pandemi seperti sekarang ini. Udara yang setiap hari Anda hirup tidak terlepas dari bakteri, virus, dan parasit yang bisa masuk dan menyerang sistem kekebalan tubuh Anda. Apalagi jika Anda sering menggunakan fasilitas umum.

Penularan penyakit di angkutan dan tempat-tempat umum bisa menyebar dengan sangat cepat. Kendati kasus yang terpapar sudah menurun, bukan berarti Anda lalai dengan hal yang satu ini.

Jangan berbagi barang pribadi

Bukan pelit, tetapi sebaiknya Anda tidak meminjamkan barang-barang pribadi seperti sikat gigi, handuk, sapu tangan, dan alat makan kepada orang lain. Menggunakannya secara bergantian bisa membuat barang-barang tersebut menjadi sumber penularan penyakit infeksi.

Meski orang yang ingin meminjam terlihat sehat, Anda tidak bisa memastikan kondisi kesehatan seseorang dari luarnya saja. Apalagi Anda juga tidak tahu, apakah Anda yang justru bisa menularkan penyakit karena kebiasaan berbagi alat makan dengan orang lain.

Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan kotor

Menyentuh mata, hidung, mulut dan mulut dengan tangan kotor bisa memindahkan kuman yang ada di tangan ke dalam tubuh. Hidung merupakan bagian tubuh yang memiliki suhu hangat dan lembap yang menjadi tempat favorit virus dan bakteri untuk berkembang biak.

Selain itu, mata dan mulut merupakan bagian tubuh yang dilapisi jaringan basah (mukosa) yang dapat membuat bakteri mudah terperangkap untuk hidup dan berkembang. Sebagai cara mencegah infeksi, jangan sentuh ketiga bagian ini dan bagian tubuh lainnya saat tangan dalam keadaan kotor. Pasalnya, tangan yang kelihatannya bersih sekalipun masih berisiko menularkan kuman penyebab penyakit yang bisa masuk dan menginfeksi tubuh.

Jangan jajan sembarangan

Bila Anda termasuk orang yang senang jajan, mulai sekarang pastikan untuk lebih jeli lagi sebelum membeli makanan di pinggir jalan. Sebab, makanan yang dibeli di luar belum tentu terjamin kebersihannya. Untuk itu, pandai-pandailah dalam memilih jajanan.

Jangan keluar rumah saat sakit

Sistem kekebalan tubuh akan melemah saat seseorang sedang sakit. Tentunya bepergian ke luar ruangan tak hanya dapat menyebarkan penyakit yang Anda miliki ke orang lain, tapi juga berisiko memperparah kondisi Anda.

Berada di luar ruangan memperbesar risiko Anda untuk tertular penyakit lain dari orang-orang sekitar, yang mungkin juga sedang dalam keadaan sakit. Untuk mencegah terjangkit infeksi, ada baiknya untuk beristirahat di rumah sehingga kondisi tubuh kembali normal.

Populer video

Berita lainnya