Legenda Olimpiade Sir Chris Hoy Mengungkap Perjuangannya Melawan Kanker

pic by: google.com

Sir Chris Hoy, peraih enam medali emas Olimpiade, telah mengungkapkan bahwa ia menderita kanker stadium akhir. Legenda balap sepeda berusia 48 tahun itu telah diberi tahu oleh dokter bahwa ia hanya memiliki waktu dua hingga empat tahun lagi untuk hidup. Hoy pertama kali mengumumkan pada bulan Februari bahwa ia menjalani perawatan kanker, tetapi mengatakan bahwa ia ‘optimis’ dan kemudian bekerja sebagai pakar BBC di Olimpiade Paris pada musim panas.

Namun, ayah dua anak ini kini telah mengakui bahwa ia telah mengetahui selama setahun bahwa penyakitnya stadium akhir. Atlet Skotlandia itu awalnya pergi ke dokter pada bulan September 2023 karena diduga mengalami cedera bahu, tetapi kemudian menemukan bahwa ia memiliki tumor di bahunya. Pemindaian lebih lanjut menemukan bahwa kanker primer berada di prostatnya dan telah menyebar ke tulang-tulangnya.

Kita semua lahir dan kita semua mati dan ini hanyalah bagian dari prosesnya,’ kata Hoy kepada The Sunday Times. “Tetapi bukankah saya beruntung karena ada obat yang dapat saya minum untuk menangkalnya selama mungkin.” Dalam sebuah pernyataan yang dipublikasikan di Instagram pada bulan Februari, Hoy menggambarkan dirinya sebagai orang yang “optimis” dan “positif”.

Meskipun demikian, Hoy – yang memenangkan enam medali emas Olimpiade untuk Tim GB antara tahun 2004 dan 2012 – bersikeras bahwa ia masih merasa “beruntung”. Hoy menikahi istrinya Sarra pada tahun 2010 dan mereka memiliki dua orang anak. Kedua anak tersebut lahir prematur. Putranya Callum lahir 11 minggu lebih awal pada tahun 2014, sebelum putrinya Chloe lahir empat minggu lebih awal dari jadwal. Melawan segala rintangan, Callum dan Chloe kini sama-sama sehat.

Sayangnya, hal yang sama tidak berlaku bagi orang tua mereka. Selain kanker yang diderita Hoy, Sarra juga menderita multiple sclerosis. “Saya masih merasa kami beruntung,” kata Hoy dalam wawancaranya yang berani. Ia menambahkan: “Meskipun terasa tidak wajar, ini adalah kodrat. “Anda tahu, kita semua lahir dan mati, dan ini hanyalah bagian dari proses. “Anda ingatkan diri Anda sendiri, bukankah saya beruntung karena ada obat yang dapat saya minum yang akan menangkal ini selama mungkin.”

Hoy mengatakan bahwa ia telah memberi tahu anak-anaknya bahwa tidak ada orang yang hidup selamanya tetapi dengan menantang menyatakan bahwa ia berharap untuk “berada di sini selama bertahun-tahun lagi”.

Hoy diberi gelar bangsawan pada tahun 2008 saat ia masih menjadi atlet aktif. Pengakuan kerajaan kepadanya datang tak lama setelah ia menjadi atlet Olimpiade pria Inggris pertama dalam 100 tahun yang memenangkan tiga medali emas di satu Olimpiade.

Hoy yang memenangkan medali emas Olimpiade pertamanya pada tahun 2004 – menambahkan dua medali lagi di London 2012 sebelum mengumumkan pengunduran dirinya dari balap sepeda pada tahun 2013. Meskipun didiagnosis, Hoy tetap sangat aktif. Awal bulan ini, ia mengambil bagian dalam acara minggu kesehatan Peligoni sebagai bagian dari PACE Oktober yang melibatkan tujuh kali bersepeda selama lima hari di Yunani.

Populer video

Berita lainnya