Penjelasan Istana soal Video Jokowi dan Try Sutrisno

Pict by Instagram

Istana Kepresidenan menjelaskan video viral yang menunjukkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak berjabat tangan dengan Wakil Presiden ke-6, Try Sutrisno. Video tersebut diambil saat peringatan HUT TNI ke-79 di Monas, Jakarta Pusat, pada Sabtu (5/10). Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana, menegaskan bahwa Jokowi telah bertegur sapa dengan Try sebelum acara dimulai.

Yusuf menyatakan bahwa Presiden Jokowi menyapa Try Sutrisno dan istrinya di ruangan Holding VVIP. “Bapak Presiden sudah salaman dan menyapa Wakil Presiden ke-6 Bapak Try Sutrisno beserta Ibu di Holding VVIP room,” ujarnya pada keterangannya, Senin (7/10). Yusuf juga menambahkan bahwa dalam video itu terlihat Jokowi menyalami banyak tokoh lain. Hal ini karena Jokowi belum sempat menyapa mereka di ruangan VVIP.

Yusuf menegaskan bahwa Jokowi selalu menghormati para pemimpin bangsa, termasuk Try Sutrisno. “Bapak Presiden sangat menghormati semua elemen masyarakat, apalagi dengan para tokoh pemimpin bangsa,” tuturnya. Dalam acara tersebut, Jokowi tampak menyalami sejumlah tokoh di mimbar kehormatan setelah melaksanakan salam kebangsaan.

Presiden Jokowi juga terlihat menyalami Wakil Presiden Ma’ruf Amin, yang berada di belakangnya, serta Wakil Presiden ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla dan Boediono. Namun, saat melewati Try Sutrisno, Jokowi tidak menyapanya, yang membuat Try langsung duduk kembali. Setelah itu, Jokowi menyambut tangan Shinta Nuriyah Wahid, istri mendiang Presiden keempat RI, Abdurrahman Wahid (Gus Dur), serta putrinya, Yenny Wahid.

Try Sutrisno merupakan Wakil Presiden ke-6 yang mendampingi Presiden Soeharto dari 1993 hingga 1998. Ia menggantikan Soedharmono dan pernah menjabat sebagai Panglima ABRI serta Kepala Staf Angkatan Darat. Penjelasan dari Istana ini diharapkan dapat memberikan klarifikasi terhadap kesalahpahaman yang mungkin terjadi akibat video tersebut.

Populer video

Berita lainnya