Anda Tidak Akan Menemukan Cinta Sejati Sebelum Anda Menerima 10 Hal Ini

pic by: canva.com

Cinta sejati berarti mengatakan “tidak” pada dorongan. Cinta sejati berarti bersikap sadar daripada menyakiti, bersikap membantu daripada egois, mengakui kebutuhan pasangan Anda, dan setia. Cinta sejati mencakup tindakan besar dan kecil. Tidak perlu usaha untuk berada dalam hubungan yang tidak berfungsi — orang-orang melakukannya sepanjang waktu.

Tetapi mencintai seseorang yang mencintai Anda berarti menjadi sehat secara emosional, suportif, dan peduli. Itu adalah kemitraan, kompromi, dan penerimaan. Cinta sejati dan sejati akan semakin kuat sementara cinta yang tidak berfungsi akan semakin mengecil. Namun, hal yang semakin kuat datang dengan usaha dan tanggung jawab baik untuk diri sendiri maupun satu sama lain.

Anda tidak akan menemukan cinta sejati sampai Anda menerima 10 hal ini, menurut psikologi:

1. Untuk menemukan orang yang tepat, Anda harus menjadi orang yang tepat

Sebelum menjalin hubungan, bangunlah hidup Anda. Apa yang salah dalam hubungan terakhir Anda? Pola dan kebiasaan apa yang perlu Anda atasi? Pahami ini sebelum Anda memulai hubungan yang baru. Anda berdua terlibat atau tidak ada yang terlibat. Jika salah satu pasangan ingin berubah dan yang lain tidak, itu bukan hubungan lagi. Jika Anda menjalin hubungan dan sama-sama mencoba menyelamatkannya, Anda — Anda berdua — mencari tahu dan menyembuhkan lukanya.

2. Ketahui batasan Anda

Batasan penting untuk melindungi diri sendiri dan merupakan hal yang Anda butuhkan dalam hidup, bukan hanya untuk hubungan romantis, menurut penelitian.

Kekerasan  adalah hal yang tidak boleh dilakukan. Seseorang yang memperlakukan Anda seperti ini kemungkinan besar tidak akan berubah, tetapi malah akan meningkatkan kekerasan. Mereka bukan masalah yang harus Anda selesaikan — lanjutkan hidup Anda. Jika Anda tidak melakukan apa pun yang diizinkan, Anda berbohong kepada diri sendiri. Anda akan terjebak lagi dalam disfungsi — tawar-menawar untuk menerima lebih sedikit dari yang Anda inginkan dan tentu saja lebih sedikit dari yang seharusnya Anda terima.

3. Cinta sejati adalah tentang komunikasi yang sehat

Apakah Anda ingin bersama seseorang yang mencaci-maki Anda? Atau menyalahkan Anda atas berbagai hal dan mengkritik Anda? Saya tidak. Saat Anda berbicara dengan pasangan, mulailah dengan pernyataan “Saya merasa” atau “Saya pikir” — dan bersamalah dengan mereka yang melakukan hal yang sama. Ada permainan dalam hubungan yang tidak harmonis — hubungan yang sehat bukanlah permainan. Jika Anda merasa seperti sedang bermain, cara untuk menang adalah dengan tidak bermain.

4. Cinta sejati berarti tujuan dan keinginan

Temukan apa yang selalu ingin Anda lakukan—dan lakukanlah. Cari tahu apa yang diinginkan pasangan Anda dalam dan luar kehidupan dan dukunglah. Putuskan — sejak awal — apakah Anda bisa dan akan saling mendukung.

Anda ingin bahagia, Anda ingin pasangan Anda bahagia, dan Anda ingin bahagia bersama. Lakukan ini sejak awal atau Anda akan kecewa dan putus asa — Anda hanya hidup sekali, jadi manfaatkanlah sebaik-baiknya.

5. Bersikaplah proaktif dalam semua hubungan Anda

Buatlah pilihan tentang hubungan dan persahabatan — bahkan yang memiliki saudara — dan jangan biarkan persahabatan atau hubungan profesional terjadi begitu saja atau berlanjut jika tidak lagi memenuhi kebutuhan Anda atau melanggar batasan Anda.

Bertemanlah dengan orang-orang yang penuh kasih, hormat, jujur, dan terbuka. Pilihlah orang-orang yang tahu bahwa kepercayaan harus diperoleh dan bahwa setelah dirusak, tidak mungkin untuk mendapatkannya kembali. Mereka yang membuat Anda bertanya-tanya tentang perasaan mereka terhadap Anda tidak memberi makan jiwa Anda — mereka mengurasnya.

6. Anda bukan korban

Anda memiliki kendali atas hidup Anda. Orang-orang yang terjebak dalam dinamika hubungan yang tidak sehat — termasuk saya ketika saya masih muda — terjebak dalam penyangkalan dan rasionalisasi. Panggil diri Anda sendiri atas alasan-alasan Anda. Berhentilah mempercayainya. Lepaskan diri dari kebutuhan untuk dikasihani.

7. Hiduplah dengan tujuan

Habiskan waktu tenang sendirian setiap hari — tanpa gangguan. Pikirkan tentang apa yang Anda butuhkan dalam hidup untuk merasa lebih baik atau melakukan hal yang lebih baik. Apa yang kurang bagi Anda? Anda tidak harus bermeditasi secara resmi — kecuali — Anda ingin, tetapi tetaplah tenang dan hening. Meditasi dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda, dan suasana hati Anda yang buruk, dan bahkan mengurangi stres, menurut penelitian.

Masuklah ke dalam diri Anda tanpa gangguan. Anda bisa menjadi orang yang membuat sesuatu terjadi atau orang yang mengalami sesuatu. Anda ingin menjadi yang mana? Hidup dengan tujuan adalah tentang melakukan hal-hal yang sulit dan kemudian menuai hasilnya.

8. Cinta sejati tidak menyakitkan

Hubungan cinta itu konsisten. Akan selalu ada saat-saat terluka atau kecewa secara tidak sengaja — bahkan dengan orang-orang yang benar-benar mencintai Anda. Itulah hidup — tidak seorang pun dapat memenuhi semua kebutuhan Anda. Sebuah komentar mungkin disalahartikan, atau pasangan Anda mungkin sedang berjuang dengan sesuatu — ada banyak alasan untuk cegukan kecil. Tidak selalu mulus, tetapi jika Anda berusaha, itu berhasil.

9. Cinta sejati mencintai kita apa adanya dan menginginkan kita apa adanya

Jika seseorang meminta Anda untuk melepaskan minat, hobi, teman, pekerjaan, atau apa pun yang membuat Anda menjadi diri sendiri — itu bukanlah cinta sejati. Dan, itu tidak sehat. Berdiam diri dalam hubungan baru adalah hal yang normal — tetapi setelah beberapa saat, Anda akan merasa nyaman dan kembali ke rutinitas Anda.

Hidup adalah tentang keseimbangan. Karena hidup ini sibuk, Anda dapat menyesuaikan seberapa banyak waktu yang Anda berikan untuk minat dan orang-orang yang Anda cintai. Namun, penting untuk mempertahankan kepenuhan diri Anda, sama seperti pasangan Anda melakukan hal yang sama. Satu tambah satu sama dengan dua — bukan satu.

10. Cinta sejati adalah tindakan dari Anda dan untuk Anda

Tindakan dan tegaskanlah. Setiap hari — baik dalam hubungan atau tidak — menegaskan bahwa cinta adalah apa yang Anda lakukan dan bukan apa yang Anda katakan. Untuk hubungan non-cinta — seperti hubungan dengan teman, rekan kerja, dan bahkan kenalan — rasa hormat adalah tindakan dari Anda dan tindakan untuk Anda. Anda berhak diperlakukan dengan cinta dan rasa hormat — dalam semua hubungan Anda.

Populer video

Berita lainnya