Cara Efektif Meredakan Stres dalam Waktu Singkat

Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Stres sering kali dianggap sebagai sesuatu yang negatif. Namun, tidak semua stres berbahaya. Stres yang disebut ‘eustress’ atau stres positif, dapat memotivasi kita untuk berprestasi dan menghindarkan kita dari kebosanan.

Namun, seringkali kita mengalami stres yang bersifat kronis, yang dapat menyebabkan kelelahan, kejenuhan, dan rasa kewalahan. Dorsey Standish menjelaskan bahwa stres kronis dapat merusak sistem-sistem utama dalam tubuh, menyebabkan masalah kesehatan mental, dan berdampak negatif pada umur panjang.

Untuk mengatasi stres jenis ini secara efektif, berikut adalah beberapa kiat untuk meredakan stres dalam waktu lima menit atau kurang yang dapat Anda coba:

Lakukan Pernapasan Dalam

Latihan pernapasan dalam dapat membantu meredakan stres dengan menenangkan sistem saraf simpatik dan merangsang sistem saraf parasimpatis. Cobalah teknik pernapasan ‘nervous system high’, yaitu dengan menarik napas dua kali melalui hidung dan mengembuskannya sepenuhnya melalui mulut. Ini bisa memberikan efek menenangkan yang cepat.

Mengenali Stres yang Dirasakan

Penting untuk mengenali dan menyebutkan apa yang kita rasakan saat stres. Menyebutkan ‘ini adalah stres’ dapat membantu melibatkan area otak rasional kita dan mengelola stres dengan lebih baik. Dengan mengenali stres, kita dapat menghadapinya dengan cara yang lebih efektif.

Bergeraklah

Gerakan fisik dapat menjadi salah satu cara tercepat untuk meredakan ketegangan dan stres. Luangkan beberapa menit untuk bergerak dengan ritme yang ceria, misalnya dengan menari atau berjalan cepat. Ini memberi sinyal pada tubuh bahwa kita aman dan dapat membantu mengurangi stres.

Fokus pada Hal Positif

Saat stres, kita cenderung fokus pada hal-hal negatif. Cobalah untuk bertanya pada diri sendiri, “Apa yang tidak salah?” dan fokuslah pada hal-hal positif. Latihan bersyukur secara teratur dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan optimisme.

Lakukan Detoksifikasi Digital

Teknologi sering kali terkait dengan stres. Cobalah melakukan detoksifikasi digital selama lima menit setiap hari dengan menjauhkan diri dari gadget. Ini akan memungkinkan Anda untuk melepaskan diri dari stres dan memulihkan kemampuan untuk fokus.

Cobalah Teknik STOP

Teknik STOP adalah metode mindful untuk mengatasi stres. Ini melibatkan menghentikan apa yang sedang Anda lakukan, melakukan pernapasan dalam, mengamati perasaan dan pikiran Anda, lalu melanjutkan dengan aktivitas yang mendukung kesejahteraan Anda.

Tertawa

Tertawa adalah cara sederhana namun efektif untuk mengusir stres. Menonton video humor pendek atau melakukan aktivitas yang membuat Anda tertawa dapat memberi sinyal pada sistem saraf bahwa Anda aman dan mengurangi stres.

Populer video

Berita lainnya