8 Tanda Kamu Sudah Tidak Lagi Menyayangi Teman-Temanmu

pic by: canva.com

Apakah Anda merasa berada di tempat yang berbeda dalam hidup Anda, dibandingkan dengan teman-teman Anda? Dan apakah Anda terus-menerus merasa bahwa Anda sudah tidak lagi menyayangi teman-teman Anda? Itu terjadi pada kita semua. Seiring waktu dan usia, kita semua tumbuh dan berubah, dan terkadang itu berarti melupakan persahabatan yang pernah Anda junjung tinggi.

Perasaan tidak lagi menyayangi teman-teman Anda bisa menjadi kenyataan yang pahit manis, dipenuhi dengan nostalgia dan kegembiraan akan awal yang baru. Jika Anda bertanya-tanya apakah Anda sedang menjalani proses transformatif ini, perhatikan delapan tanda ini bahwa Anda sudah tidak lagi menyayangkan persahabatan.

  • Persahabatan Anda terjebak di masa lalu.

Persahabatan sejati beradaptasi dan tumbuh seiring berjalannya waktu. Meskipun Anda mungkin berubah secara individu, tetapi Anda juga harus maju sebagai teman. Jika Anda merasa tidak, maka mungkin Anda harus berpikir untuk melangkah maju. Terkadang menyenangkan untuk melihat kembali masa lalu yang indah, tetapi persahabatan membutuhkan lebih banyak hal untuk terus berjalan.

  • Anda menghindari panggilan dan pesan teks mereka.

Ketika Anda menghindari panggilan mereka atau menolak rencana, tanyakan pada diri sendiri apa yang sebenarnya mengganggu Anda. Apakah ide nongkrong atau orang-orangnya? Jika yang mengganggu Anda hanya apa yang Anda lakukan bersama, mungkin Anda berdua bisa membuat kesepakatan. Namun, jika berada di sekitar teman-teman Anda tidak lagi terasa menyenangkan, itu mungkin salah satu tanda persahabatan Anda sudah tidak lagi cocok.

  • Anda tidak menyukai diri Anda di sekitar mereka.

Ini adalah salah satu tanda utama bahwa Anda sudah tidak cocok lagi dengan teman-teman Anda. Anda mungkin memiliki teman yang suka berpegang teguh pada keadaan yang dulu, dan mereka mengharapkan Anda untuk bertindak dengan cara yang sama, atau Anda memalsukan kepribadian Anda dari masa lalu hanya untuk membuat mereka senang. Mungkin mereka menekan Anda untuk hidup seperti dulu ketika berpesta adalah hal yang Anda sukai, sambil mengabaikan bahwa hidup Anda dan Anda telah berubah.

  • Anda tidak pernah merasa didukung secara emosional saat bersama mereka.

Sahabat sejati selalu ada untuk Anda, kapan pun Anda mengalami masa sulit; betapa pun sulitnya, memiliki sistem pendukung yang kuat dapat membuat Anda merasa terlindungi dan aman. Namun, salah satu alasan utama di balik Anda tumbuh lebih dewasa daripada sahabat adalah karena Anda tidak lagi merasakan cinta dan dukungan itu. Jika Anda merasa mereka menjatuhkan Anda alih-alih menyemangati Anda atas kemenangan Anda, mungkin lebih baik Anda hidup tanpa mereka. Terkait: 55 Alasan Mengapa Persahabatan Berakhir

  • Anda merasa dihakimi oleh mereka.

Dihakimi oleh orang-orang daring memang sulit, tetapi lebih buruk lagi jika mereka adalah teman baik. Jika sahabat Anda tidak pernah mendukung Anda, malah membuat Anda merasa kecil dengan komentar-komentar jahat mereka, mereka bukanlah sahabat Anda. Mungkin mereka merasa kesal karena Anda naik jabatan dan meninggalkan mereka. Mungkin mereka iri melihat Anda berubah. Atau mungkin mereka hanya terjebak dalam kenegatifan dan tidak dapat mengubah cara mereka. Apa pun alasannya, Anda harus tahu bahwa Anda lebih berharga dari itu. Anda layak mendapatkan teman yang lebih baik dan Anda layak mendapatkan orang yang lebih baik dalam hidup Anda.

  • Anda mengeluh tentang mereka kepada orang lain.

Ini adalah salah satu tanda utama persahabatan yang sudah berakhir. Melampiaskan kekesalan sesekali jika Anda kesal dengan teman-teman Anda tidak apa-apa, tetapi jika Anda mendapati diri Anda terus-menerus mengeluh tentang mereka saat Anda bersama orang lain, maka itu adalah tanda bahaya. Mungkin sudah waktunya bagi Anda untuk mempertimbangkan kembali persahabatan itu.

  • Anda merasa terkuras secara emosional setelah menghabiskan waktu bersama mereka.

Apakah berada di dekat teman Anda membuat Anda merasa baik, atau apakah itu menguras energi Anda? Setelah bertemu mereka, apakah Anda merasa lelah, murung, dan kelelahan secara emosional? Jika Anda merasakan hal ini, maka Anda mungkin sudah tidak cocok lagi dengan teman-teman Anda; Anda hanya tidak lagi terhubung seperti dulu. Teman seharusnya membawa kegembiraan dan tawa dalam hidup Anda, bukan kegelisahan dan kelelahan.

  • Anda tidak bisa lagi menyelesaikan pertengkaran.

Dalam persahabatan yang bermakna, kemungkinan besar akan ada pertengkaran atau situasi yang sulit. Saat-saat ini menguji kita saat kita mencoba memahami perilaku teman kita dan melihat tindakan kita sendiri juga. Kita kemudian dihadapkan dengan tugas untuk menyelesaikan masalah dan berbaikan.

Namun, terkadang menyelesaikan pertengkaran tidak mungkin dilakukan karena berbagai alasan, mungkin Anda tidak bisa setuju atau memaafkan tindakan teman Anda; mereka juga tampak tidak tertarik untuk memperbaiki keadaan, atau masalahnya mungkin telah berlarut-larut terlalu lama. Ketika Anda mencapai titik di mana Anda berdua tidak dapat menyelesaikan argumen dan ketidaksetujuan Anda, atau tidak tertarik, maka itu adalah salah satu tanda terbesar persahabatan telah berakhir.

Populer video

Berita lainnya