6 Pola Pikir Finansial untuk Meraih Kebebasan Finansial di Usia 20-an

pic by: canva.com

Mencapai kebebasan finansial sepenuhnya bergantung pada pola pikir finansial Anda. Menurut Investopedia, kebebasan finansial berarti memiliki cukup uang untuk membiayai gaya hidup yang Anda inginkan, tanpa harus bekerja. Saya ingin jujur. Saat Anda melakukan perjalanan untuk keluar dari norma-norma sosial dan menjelajahi cara-cara baru menghasilkan uang, ada banyak hal yang harus dipelajari. Begitu banyak hal yang mungkin terasa memberatkan pada awalnya, bukan?

Setelah Anda mengetahui pola pikir tentang uang ini, tidak mungkin Anda tidak ingin mengambil tindakan. Hanya saja tidak masuk akal untuk tidak melakukannya. Ini dia.

1. Kehidupan kebebasan Anda lebih murah daripada yang Anda kira.

Baik Anda ingin mencapai kebebasan finansial dengan berhenti bekerja dan pergi jalan-jalan, membangun bisnis impian Anda, memulai keluarga, atau membaca buku sepanjang hari …, jika Anda memikirkannya, Anda dapat melakukannya. Ya, itu akan membutuhkan perencanaan, disiplin, dan kemauan keras, tetapi dengan membuat visi kebebasan Anda lebih nyata, Anda mengambil langkah besar untuk mengubah gaya hidup impian Anda menjadi kenyataan.

Ketika Anda menjabarkan visi besar Anda menjadi tujuan-tujuan konkret, Anda akan menyadari bahwa mencapai kebebasan finansial tidak akan menghabiskan banyak uang atau waktu seperti yang Anda bayangkan. Tantang diri Anda untuk menuangkan ide-ide samar Anda ke dalam tulisan, dan buatlah papan visi! Lanjutkan dengan templat papan visi kami!

2. Anda telah memiliki keterampilan untuk menciptakan pendapatan pasif, Anda hanya perlu menemukannya kembali.

Kebebasan finansial adalah tentang menciptakan pendapatan pasif – alias uang saat Anda tidur. Pendapatan pasif dapat hadir dalam berbagai bentuk. Dua kategori utama adalah investasi uang dan investasi waktu. Anda unik sebagai pribadi, begitu pula dengan keterampilan, pengetahuan, pengalaman, minat, dan kombinasi dari semua itu.

Ada dua prinsip panduan yang kami rekomendasikan kepada siswa 9-5 Escape Plan kami agar berhasil dalam menciptakan pendapatan pasif dan mencapai kebebasan finansial: Berinvestasilah pada apa yang Anda pahami. Gunakan keunikan Anda untuk menciptakan nilai bagi diri sendiri dan orang lain.

3. Tidak berinvestasi membuat Anda kehilangan uang – bukan sebaliknya.

Ya, menginvestasikan uang selalu membuat Anda menghadapi risiko tertentu. Secara umum, aturannya adalah semakin tinggi risikonya, semakin tinggi pula imbalannya. Meskipun demikian, tidak menginvestasikan uang dan menyimpannya di bank juga membuat Anda menghadapi risiko.

Inilah salah satu pola pikir uang yang mengejutkan! Tingkat inflasi lebih tinggi daripada bunga yang mungkin Anda peroleh di bank saat ini. Secara sederhana, harga naik secara keseluruhan, dan jika uang Anda tidak naik dengan persentase yang sama, Anda dapat membeli lebih sedikit barang dalam setahun dari sekarang dengan uang Anda.

Inilah kabar baiknya. Ada beberapa cara untuk mengurangi risiko investasi: Investasikan uang Anda pada aset atau industri yang Anda pahami, investasikan dalam jumlah kecil, dan diversifikasikan portofolio Anda. Menjadi pintar tentang ke mana uang Anda pergi adalah hal yang baru dan menarik, dan ada alat yang memudahkan Anda untuk memulai.

4. Apa pun bisnis pendapatan pasif yang Anda jalankan, Anda selalu berada dalam bisnis penciptaan nilai.

Ketika Anda berpikir untuk mendirikan bisnis pendapatan pasif berbasis kebebasan, apa yang terlintas dalam pikiran Anda? Mari kita tebak. Mendirikan situs web Anda, semua jenis tantangan teknis seperti SEO, membuat konten di media sosial, melakukan penjualan, … sangat membebani! Jadi, berikut ini adalah pemikiran yang akan membantu Anda mengurangi rasa kewalahan:

Anda berada dalam bisnis penciptaan nilai. Saat ini, seseorang di dunia sedang mencari keahlian atau produk yang Anda tawarkan. Situs web Anda, media sosial, dll. hanyalah alat untuk membantu Anda menyelesaikan pekerjaan.

5. Bersabarlah. Jangan mengejar kesuksesan dalam semalam.

Kesuksesan dalam semalam hanyalah mitos. Setiap orang yang tampaknya telah mencapai ‘kesuksesan dalam semalam’, melakukannya karena mereka menginvestasikan waktu dan energi untuk mencapai posisi mereka saat ini.

Meskipun tantangan di sepanjang jalan Anda mungkin bersifat eksternal, ujian yang sebenarnya adalah internal. Jadi, ketika Anda menemui hambatan (yang akan Anda hadapi karena itu normal & itulah yang membuat Anda berkembang), fokuslah pada apa yang dapat Anda kendalikan: sikap dan tindakan Anda.

Mencapai kebebasan finansial adalah proses yang membutuhkan waktu. Mulailah di usia 20-an untuk mendapatkan manfaat dari bunga majemuk. Bersabarlah, itu akan sepadan.

6. Kekuatan terbesar yang Anda miliki adalah kekuatan untuk memilih.

Ini adalah salah satu pola pikir tentang uang yang paling kuat. Strategi, teknik, dan pengetahuan tentang uang terbaik tidak akan membantu Anda jika Anda tidak memilih untuk muncul dan melakukan pekerjaan – setiap hari.

Anda memiliki kekuatan untuk membuat keputusan ini. Memilih untuk mulai berinvestasi, memulai usaha sampingan dengan pendapatan pasif, memilih untuk belajar, memilih untuk terus berusaha saat sulit, memilih untuk melakukan setidaknya satu tindakan kecil setiap hari.

Ketika Anda membuat pilihan ini setiap hari, Anda menciptakan momentum. Ini seperti bersepeda. Untuk menambah kecepatan, Anda perlu mulai mengayuh. Anda mungkin perlu melakukan beberapa dorongan keras di awal, tetapi begitu Anda mulai bergerak, sulit untuk berhenti. Teruslah bergerak!

Populer video

Berita lainnya