6 Alat Efektif untuk Membantu Anak Menghafal Al-Qur’an di Rumah

pic by: canva.com

Menghafal Al-Qur’an merupakan bagian yang sangat penting dalam menghafal Al-Qur’an. Penghafalan Al-Qur’an memperkuat hafalan seseorang, dan memungkinkan mereka untuk lebih fasih dalam membaca dan mengingat ayat-ayatnya. Berdasarkan pengalaman saya dengan anak-anak dan saya, saya telah menyusun 5 alat untuk membantu anak-anak menghafal Al-Qur’an di rumah.

Ini adalah alat yang sederhana dan mudah diakses yang mungkin sudah Anda miliki di rumah. Buku catatan, headphone, buklet Al-Qur’an, dan speaker portabel

  1. Buku Al-Qur’an Kecil

Ini biasanya lebih kecil dari mushaf Al-Qur’an biasa yang digunakan orang dewasa. Sebagian besar berisi satu juz atau lebih, tetapi tidak seluruh Al-Qur’an. Kami menggunakan mushaf yang berisi Juz ke-29 dan ke-30 Al-Qur’an.

Buku Al-Qur’an ini biasanya memiliki huruf besar dan tebal yang membantu anak melihat huruf-hurufnya dengan jelas, dan karena jumlah halamannya lebih sedikit daripada mushaf, buku ini dapat dengan mudah dipegang oleh anak-anak. Buku ini mudah digunakan sebagai alat revisi karena Anda dapat membawanya ke mana saja tanpa menghabiskan banyak tempat. Buku ini dapat digunakan di dalam mobil, dalam perjalanan, di taman, saat menunggu di dokter, sebelum tidur, dll. Jenis buku Al-Qur’an ini cocok untuk anak-anak berusia 5-10 tahun

  • Headphone

Headphone cocok untuk mendengarkan Al-Qur’an saat bepergian, atau untuk revisi mandiri oleh anak-anak. Biasanya, jenis headphone ini dilengkapi dengan slot kartu memori yang berisi kartu memori yang hanya berisi juz yang sedang dihafal/direvisi oleh anak (Jika Anda menambahkan lebih banyak juz, mereka mungkin lebih fokus pada juz tersebut dan kurang pada juz yang seharusnya mereka revisi).

Untuk kartu memori, Anda dapat mengunduh bacaan Al-Qur’an pilihan Anda dari internet dan mentransfernya ke kartu memori sebelum memasukkannya ke dalam headphone. Kami sudah punya kartu memori sendiri yang dibuat oleh madrasah setempat. Headphone cocok untuk anak-anak berusia 4 tahun ke atas. Headphone ini juga bagus untuk orang dewasa, jadi Anda bisa mendapatkannya sendiri. Harap ingat untuk menyesuaikan volume untuk anak-anak.

  • Home Theatre/Sistem Suara

Ini adalah salah satu benda favorit saya karena membantu Anda memutar bacaan Al-Qur’an di seluruh rumah. Anda bisa berada di dapur bersama anak-anak dan sistem suara akan diputar dari ruang tamu.

Banyak sistem suara yang memiliki slot untuk kartu memori, stik USB, dan DVD, jadi, Anda dapat mengunduh rekaman Al-Qur’an pilihan Anda di mana saja dan memutarnya. Saya biasanya menggunakan sistem suara saat kami semua berada di rumah bersama-sama dengan banyak waktu senggang; kebanyakan pada Jumat malam dan akhir pekan.

Menggunakan sistem suara untuk mendengarkan bacaan Al-Qur’an juga merupakan kegiatan keluarga yang menyenangkan. Tinjau Al-Qur’an di Rumah

  • Speaker Portabel

Ini adalah alternatif yang bagus untuk sistem suara jika Anda harus meninggalkan rumah. Speaker portabel biasanya dapat diisi ulang, menggunakan slot kartu memori, dan volumenya dapat disesuaikan dengan tempat Anda berada. Kami juga menggunakannya di rumah saat kami tidak ingin menggunakan sistem suara.

  • Aplikasi Al-Qur’an

Aplikasi Al-Qur’an sangat cocok untuk saat-saat Anda tidak di rumah, atau tidak memiliki pasokan listrik (yang sayangnya sering terjadi di Nigeria). Ada banyak aplikasi Al-Qur’an di Apple AppStore dan Google PlayStore untuk tujuan ini.

Fitur utama yang perlu diperhatikan dalam sebuah aplikasi adalah ‘Loop’ – saat Anda dapat memilih satu ayat untuk diputar beberapa kali, memprogram aplikasi untuk mengulang sejumlah ayat beberapa kali, atau memilih surah mana yang akan diputar otomatis setelah surah saat ini.

  • Buku catatan

Buku catatan sangat cocok untuk menuliskan ayat-ayat Al-Qur’an. Proses penulisan Al-Qur’an ini membantu anak-anak untuk lebih mengenal kata-kata dan cara mengejanya, dan juga memperkuat gambaran kata-kata tersebut dalam ingatan mereka.

Buku catatan apa pun bisa digunakan, asalkan utuh, bukan potongan kertas dan disimpan dengan benar karena berisi kata-kata dari Al-Qur’an. Mulailah dengan kata-kata yang paling populer dalam Al-Qur’an, sehingga jika anak telah menguasai banyak kata-kata ini, mereka akan lebih mudah mengenali saat mereka membaca dari Mushaf. Anda juga dapat memulai dari bab-bab Al-Qur’an yang terpendek.

Ini adalah alat yang sering saya gunakan dengan anak-anak saya. Jika kami mencoba yang lain di masa mendatang, daftar ini akan diperbarui dan Anda akan diberi tahu jika Anda berlangganan milis. Saya berdoa semoga Anda merasa ini bermanfaat.

Populer video

Berita lainnya