Reza Rahadian Turun ke Jalan Mengawal Putusan MK: Saya Tidak Bisa Berdiam Diri Lagi

Aktor Reza Rahadian turut serta dalam demonstrasi untuk mengawal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) di depan Gedung DPR/MPR RI, Jalan Gatot Subroto, pada Kamis (22/8/2024). Kehadirannya dalam aksi ini mencuri perhatian publik mengingat Reza jarang terlibat dalam kegiatan politik.

Reza mengungkapkan rasa resahnya terhadap situasi politik yang memanas menjelang Pilkada 2024, sehingga ia memutuskan untuk turun ke jalan. Dalam orasinya, Reza menjelaskan alasan kehadirannya di tengah massa.

“Saya hadir pada hari ini karena sesederhana saya selalu cenderung berhati-hati dalam mengambil sebuah sikap, saya tidak pernah mau ikut dalam kontestasi politik, saya tidak pernah ikut campur dalam urusan pemilihan dan lain-lain atau jadi kubunya siapa itu adalah hal yang paling saya hindari,” ujar Reza Rahadian.

Dia menambahkan bahwa selama ini ia lebih memilih dunia seni sebagai sarana untuk menyampaikan keresahan dan kritik sosial. Namun, situasi saat ini membuatnya tidak bisa lagi berdiam diri.

“Saya selama ini selalu menjadikan dunia seni sebagai wadah saya untuk menyampaikan keresahan hati dan kritik sosial, tapi hari ini saya sudah tidak bisa lagi berdiam, saya tidak bisa tidur tenang di rumah,” jelasnya.

Reza juga mengkritik situasi politik yang menurutnya berusaha menggagalkan keputusan MK. “Setelah yang wajahnya habis diporak-poranda sebelumnya dan hari ini kita semua sudah mendapatkan keputusan yang sangat kita hormati dari MK, masih juga berusaha untuk dibegal, masih juga berusaha untuk dijegal,” sambungnya.

Ia menambahkan bahwa semalam ia sempat menulis pernyataan mengenai situasi tersebut. “Tadi malam saya menulis tulisan kalau institusi sudah melakukan perbuatan yang mengembalikan mobilitasnya sebagai konstitusi, lalu hari ini kita mendapatkan kenyataan bahwa itu coba dianulir sebuah lembaga yang katanya adalah wakil-wakil kita hari ini. Lantas Anda di dalam ini wakil siapa?” ungkapnya.

Reza menegaskan bahwa kehadirannya dalam aksi ini bukan untuk mewakili kepentingan tertentu, melainkan sebagai seorang warga biasa yang gelisah melihat kondisi demokrasi saat ini. “Teman-teman hari ini semoga energi yang kita punya tetap bisa tertib, kita bisa tetap menjaga demokrasi kita sebab saya tidak mewakili kepentingan apapun, saya tidak punya kepentingan personal, saya tidak ikut partisipasi politik apapun,” tegasnya.

“Saya hadir hari ini sebagai rakyat biasa bersama teman-teman semua, tidak mewakili siapapun selain mewakili suara orang-orang gelisah yang melihat demokrasi kita seperti ini,” pungkasnya.

Selain Reza Rahadian, sejumlah artis terkenal juga turut hadir dalam demonstrasi tersebut. Beberapa di antaranya adalah Abdel Achrian, Bintang Emon, Abdur Arsyad, Adjis Doaibu, Arie Kriting, Joko Anwar, Andovi Da Lopez, dan banyak lainnya.

Populer video

Berita lainnya