11 Pekerjaan Teratas yang Didominasi Wanita

pic by: canva.com

Pemisahan gender merupakan norma di pasar tenaga kerja. Beberapa sektor didominasi oleh pria, sementara wanita mendominasi sektor lainnya. Di sini, kita akan melihat pekerjaan yang didominasi oleh wanita. Peran utama wanita dalam masyarakat telah memastikan stabilitas, kemajuan, dan pembangunan bangsa sepanjang sejarah. Misalnya, mereka bekerja sebagai perawat, mekanik pesawat, pengemudi ambulans dan truk, dan pembuat kapal untuk membebaskan pria agar siap berperang selama Perang Dunia II. Maju cepat ke masa kini, dan wanita terus berkembang di setiap bidang yang dapat dibayangkan.

Namun, sementara pekerjaan tertentu telah menjadi lebih terintegrasi, yang lain tetap didominasi oleh pria atau wanita. Dalam artikel ini, kita akan melihat 10 bidang yang dipimpin oleh wanita. Ini disebut sebagai “bidang kerah merah muda” oleh para ekonom, dan sementara sektor kerah merah muda sedang berkembang pesat, pendapatannya stagnan. Teruskan membaca untuk mempelajari semua tentang bidang ini dan tantangannya. Gulir ke bawah! 11 Profesi Teratas yang Didominasi Wanita

1. Pendidikan

Persentase Wanita yang Bekerja: 76%

Saat ini, wanita merupakan bagian terbesar dari pendidik dibandingkan beberapa dekade sebelumnya. Menurut data Departemen Pendidikan AS, tren terkini dalam profesi guru di AS menunjukkan bahwa 76% wanita bekerja di bidang ini. Kita harus ingat bahwa kategori ini sangat luas dan mencakup prasekolah, taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas.

2. Pengasuhan Anak

Persentase Wanita yang Bekerja: 94%

Pekerja pengasuhan anak biasanya bekerja di tempat penitipan anak atau pusat penitipan anak lainnya untuk memenuhi kebutuhan dasar anak-anak, seperti mendandani, memandikan, memberi makan, dan mengawasi permainan. Mereka juga dapat membantu anak-anak menyiapkan sekolah dan mengerjakan pekerjaan rumah. Persentase tenaga kerja wanita di bidang ini mencapai 94%.

3. Sumber Daya Manusia

Persentase Perempuan yang Bekerja: 72%

Sumber daya manusia adalah bidang lain yang sebagian besar pekerjanya adalah perempuan. Pada tahun 2016, Biro Statistik Tenaga Kerja AS (BLS) menemukan bahwa 72% manajer SDM adalah perempuan. Pada tahun 2017, angka tersebut meningkat menjadi 86%. Meskipun mereka menonjol di bidang tersebut, perempuan masih digaji lebih rendah, dan manajer SDM laki-laki menerima gaji 23% lebih banyak daripada rekan kerja perempuan mereka.

4. Praktik Kedokteran Hewan

Persentase Perempuan yang Bekerja: 55%

Terjadi perubahan luar biasa dalam bidang kedokteran hewan dengan lebih banyak perempuan yang mengisi peran ini. Karena pemilik hewan peliharaan menginginkan lebih dari sekadar vaksinasi dasar dan pengendalian kutu untuk anak-anak mereka, permintaan akan dokter hewan dan mereka yang bekerja dengan hewan peliharaan di lingkungan medis telah meningkat drastis.

5. Layanan Sosial

Persentase Perempuan yang Bekerja: 82%

Jika kita berbicara tentang pekerja sosial, sekitar 82% dari mereka adalah perempuan. Perempuan merupakan 81,6% dari pekerja sosial, 69,9% dari konselor, dan 82,4% dari asisten layanan sosial dan kemanusiaan.

6. Akuntansi

Persentase Perempuan yang Bekerja: 60%

Meskipun secara tradisional dipandang sebagai profesi yang didominasi laki-laki, akuntansi telah berubah selama bertahun-tahun menjadi lebih setara. Namun, ini bukanlah tren baru. Faktanya, hal ini sudah ada sejak tahun 1983 ketika perempuan mulai mendapatkan tempat dalam profesi ini, sebuah contoh klasik pemberdayaan perempuan.

7. Keperawatan

Persentase Perempuan yang Dipekerjakan: 92,3%

Menurut Biro Sensus AS, 92,3% perawat terdaftar adalah perempuan. Keperawatan telah mempertahankan nilai dan statusnya sebagai salah satu profesi yang paling didominasi perempuan di luar sana. Peran ini termasuk merawat pasien, merawat mereka di bawah pengawasan dokter, dan menasihati pasien dalam perawatan pasca operasi.

8. Rekreasi dan Perhotelan

Persentase Perempuan yang Bekerja: 55%

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja Nasional, tenaga kerja perhotelan di Amerika Serikat adalah 55% perempuan (7). Meskipun lebih dari separuh tenaga kerja perhotelan terdiri dari perempuan, hanya sedikit yang berhasil mencapai level manajemen. Perempuan hanya menempati 23% posisi manajemen senior di industri ini.

9. Manufaktur Farmasi dan Obat-obatan

Persentase Perempuan yang Bekerja: 54,6%

Kurang dari dua dekade lalu, kurang dari 40% apoteker adalah perempuan. Pada tahun 2016, angka tersebut telah meningkat menjadi 54,6%, dan lebih dari separuh dari semua apoteker di AS adalah perempuan.

10. Hubungan Masyarakat

Persentase Perempuan yang Bekerja: 63%

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, perempuan menduduki 63% posisi spesialis hubungan masyarakat dan 59% posisi manajemen hubungan masyarakat. Sementara perempuan mendominasi hampir setiap level hubungan masyarakat, level eksekutif tampaknya hampir tidak tersentuh oleh perempuan.

11. Asisten Medis

Persentase Perempuan yang Bekerja: 89,2%

Sesuai temuan Biro Sensus AS, 89,2% asisten medis terdaftar adalah perempuan. Asisten medis perempuan merupakan bagian inti dari fakultas kedokteran. Mereka bekerja di berbagai lingkungan perawatan kesehatan dan memainkan peran penting dalam perawatan pasien. Mereka bertanggung jawab atas tugas klinis dan administratif yang memastikan kelancaran operasional layanan perawatan kesehatan.

Populer video

Berita lainnya