10 Tanda Bukan Tubuhmu yang Lelah, tapi Jiwamu yang Butuh Rehat

pic by: canva.com

Apakah Anda merasa sangat lelah dan jenuh akhir-akhir ini? Apakah Anda telah mencoba berbagai solusi untuk mengatasi kelelahan fisik dan mental, tetapi tidak ada satu pun yang berhasil? Mungkin karena terkadang perjuangan kita tidak hanya bersifat fisik atau mental. Terkadang bukan hanya tubuh atau pikiran kita, tetapi jiwa kita yang lelah. “Kelelahan jiwa” atau “Penyakit jiwa” dapat terjadi jika kita telah mengabaikan tangisan jiwa kita untuk waktu yang lama dan tidak memberikan perhatian yang tepat terhadap kesejahteraan spiritual kita.

Salah satu tanda kelelahan jiwa yang paling menonjol adalah keinginan untuk tidur lebih lama dari biasanya dan ketidakmampuan untuk menjalankan fungsi dasar seperti makan atau berolahraga tepat waktu. Jika kita tidak memperhatikan tanda-tanda peringatan ini pada tahap awal, hal itu dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang yang serius seperti kecemasan kronis atau depresi berat. Tanda-tanda dan gejala kelelahan jiwa yang paling umum untuk diwaspadai:

  • Anda mengalami rasa sakit dan nyeri yang tidak dapat dijelaskan.

 Pikiran, tubuh, dan jiwa kita saling terhubung. Jika ada ketidakseimbangan di salah satu, itu akan memengaruhi yang lain. Oleh karena itu, jika jiwa atau hati kita lelah, ia mungkin mencoba menarik perhatian kita dengan menciptakan gangguan fisik di tubuh kita. Kita mungkin merasakan rasa sakit dan nyeri yang tidak dapat dijelaskan, pusing, mual, migrain atau sakit kepala tegang, penglihatan kabur atau masalah gastrointestinal tanpa alasan medis apa pun.

  • Anda mengalami kecemasan atau serangan panik.

Ketika jiwa lelah, kita mungkin merasa sulit untuk menemukan kedamaian dan dunia mungkin tampak gelap dan membingungkan. Kita mungkin mencoba berbagai cara untuk menghibur diri dengan mencoba hal-hal yang dulu memberi kita kegembiraan, tetapi tidak ada yang berhasil sekarang dan ini dapat menyebabkan rasa takut dan putus asa yang menyebabkan kecemasan atau serangan panik.

  • Kesulitan dalam menghadapi tantangan dan perjuangan yang menghadang Anda.

Naik turun adalah bagian dari kehidupan dan kita umumnya diperlengkapi untuk menghadapinya, tetapi ketika jiwa kita merasa lelah, kita mungkin bahkan tidak memiliki kekuatan untuk menghadapi tantangan atau kesulitan sederhana yang diberikan kehidupan kepada kita.

  • Anda menderita insomnia.

Jika kita tidak dalam keadaan bahagia dan damai, hampir mustahil untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Bahkan jika kita berhasil tidur beberapa jam, itu akan dipenuhi dengan pikiran-pikiran cemas atau mimpi buruk dan kita akan bangun dengan perasaan lelah dan letih.

  • Anda mengalami emosi negatif seperti kepahitan, kemarahan, kebencian atau kecemburuan.

Kita semua terkadang merasakan emosi negatif tetapi ketika tubuh dan pikiran kita tidak selaras dengan jiwa kita, kita akan mengalami emosi negatif seperti kepahitan, kemarahan, kebencian atau kecemburuan lebih sering dan dengan keras.

  • Anda mungkin merasa sangat kesepian bahkan ketika kita dikelilingi oleh orang-orang.

Ketika kita tidak sinkron dengan jiwa kita, kita mungkin merasa sangat kesepian bahkan ketika dikelilingi oleh orang-orang. Kita mungkin merasa tidak ada yang mengerti kita dan kita mungkin tidak bisa mempercayai orang-orang di sekitar kita. Kita mungkin menghadapi krisis eksistensial dan mempertanyakan makna hidup yang lebih dalam dan bagaimana kita saling terhubung satu sama lain.

  • Anda merasa bingung atau tidak sinkron.

Kita mungkin merasa tubuh, pikiran, dan jiwa kita tidak sinkron satu sama lain. Ketika kita stres dan cemas, kita sebagian besar hidup dalam pikiran kita dan dibombardir dengan pikiran-pikiran yang tidak senonoh, menjadi sangat sulit bagi tubuh kita untuk mengejar pikiran kita dan kita mungkin merasa sangat lelah atau bingung.

  • Anda mungkin merasa sangat lelah secara fisik dan emosional.

Saat kita stres atau cemas, napas kita menjadi pendek dan kita merasa sangat kekurangan energi, ini karena napas merupakan sumber energi terpenting dalam tubuh kita. Tubuh dan otot kita terasa lemah dan gerakan apa pun terasa sangat melelahkan dan yang ingin kita lakukan hanyalah berbaring sepanjang hari.

  • Anda mungkin merasa cemas dan tidak aman tentang masa depan dan merasa sulit untuk hidup di masa sekarang.

Jika jiwa kita lelah, kita mungkin tidak memiliki energi untuk merencanakan masa depan. Kita mungkin hanya mengembara tanpa tujuan atau arah yang pasti. Hal ini dapat menimbulkan banyak kecemasan dan ketidakamanan tentang masa depan dan membuat kita merasa kewalahan tanpa kapasitas untuk menikmati masa sekarang.

  1. Anda merasakan emosi kita dengan sangat intens.

Kelelahan jiwa dapat menyebabkan kepekaan yang meningkat dan kita dapat mengalami semua emosi secara intens. Kita mungkin mengalami naik turunnya emosi, suatu saat hati kita dapat dipenuhi dengan cinta dan kasih sayang sehingga kita menangis bahagia, dan di saat berikutnya kita dapat merasakan sakit hati dan kesedihan yang luar biasa.

Apa pun alasannya, penting untuk meluangkan waktu untuk merawat diri sendiri agar tubuh, pikiran, dan jiwa kita selaras. Berikut adalah beberapa kiat yang dapat membantu menyembuhkan jiwa kita yang lelah:

1) Prioritaskan perawatan diri sendiri di atas segalanya.

2) Beristirahatlah sebanyak yang Anda butuhkan.

3) Luangkan waktu untuk kesejahteraan spiritual Anda, baik itu pergi untuk yoga, meditasi, atau retret spiritual atau mandi alam, berjalan-jalan di hutan atau menatap bulan.

4) Lakukan puasa detoksifikasi atau coba metode penyembuhan alternatif seperti Ayurveda, reiki, atau pijat.

5) Hindari terlalu keras pada diri sendiri dan rangkul diri Anda dengan kesabaran dan cinta kasih.

6) Fokus pada latihan pernapasan dan teknik grounding

Populer video

Berita lainnya