6 Manfaat Jalan Kaki, Salah Satu Hal Terbaik yang untuk Kesehatan Mentalmu

pic by: canva.com

Walking sangat diremehkan dalam hal memastikan kesejahteraan mental. Ada begitu banyak manfaat jalan kaki yang dapat memberikan keajaiban bagi kesehatan mental dan emosional kita. Artikel ini akan membahas tentang beberapa manfaat berjalan kaki bagi kesehatan mental. Tingkatkan suasana hati, tingkat energi, kepercayaan diri, dan hal-hal lain secara sederhana dengan mengambil tindakan. Jalan cepat adalah cara yang bagus untuk menjernihkan pikiran, menenangkan suasana hati, dan membuat Anda tetap sehat.

Ini mungkin tampak sederhana, tetapi berjalan kaki dapat memberikan efek yang kuat pada kesehatan mental Anda, dan kabar baiknya adalah hal ini gratis. Baik itu berjalan-jalan di hutan, berjalan-jalan di pantai, atau berjalan-jalan di taman, berjalan kaki dapat membuat Anda tetap bugar secara mental dan fisik. Selain itu, manfaat fisiknya juga dapat membuat Anda memiliki kerangka berpikir yang lebih sehat. Manfaat Jalan Kaki:

1. Meningkatkan mood. Penelitian menunjukkan bahwa jalan kaki dapat membantu meningkatkan mood dalam berbagai cara. Latihan aerobik (jenis olahraga selain jalan kaki) terbukti mampu mengurangi kecemasan dan depresi. Perbaikan ini kemungkinan besar disebabkan oleh peningkatan sirkulasi darah yang terjadi selama latihan aerobik. Peningkatan sirkulasi darah juga membuat Anda lebih siap menghadapi stres.

2. Meningkatkan kreativitas. Sebuah penelitian menemukan bahwa kreativitas meningkat pada peserta yang berjalan kaki dibandingkan dengan mereka yang tetap duduk. Studi tersebut juga menemukan bahwa berjalan di luar ruangan lebih efektif dalam meningkatkan kreativitas dibandingkan berjalan di dalam ruangan dengan menggunakan treadmill. Berjalan diperkirakan dapat membebaskan aliran ide.

3. Meningkatkan tingkat energi. Seperti yang kita ketahui, jalan kaki dapat membantu meningkatkan sirkulasi sehingga meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh. Peningkatan oksigen ini dapat menyebabkan peningkatan produksi hormon kortisol dan epinefrin, yang merupakan kabar baik untuk tingkat energi Anda. Faktanya, berjalan kaki dapat memberi Anda dorongan yang terbukti lebih berenergi dibandingkan kafein dosis rendah. Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita yang kurang tidur mengalami efek energi yang lebih besar dari berjalan singkat di tangga dibandingkan dengan 50 mg kafein.

4. Kepercayaan diri. Berjalan kaki mungkin terasa lambat jika dibandingkan dengan aktivitas seperti berlari, namun ini merupakan pembakar kalori yang efektif. Jalan kaki secara teratur dapat membantu Anda menurunkan berat badan, menjadi bugar, dan yang terpenting, menambah kepercayaan diri. Kepercayaan diri dan peningkatan tingkat kebugaran dapat membantu Anda mencapai kepercayaan diri secara keseluruhan dan, pada gilirannya, meningkatkan kesehatan mental Anda

5. Peluang sosial. Berjalan-jalan tidak memerlukan apa pun selain diri anda sendiri, namun bukan berarti itu harus menjadi pengalaman yang sepi. Jalan kaki dapat membantu Anda terhubung dengan lingkungan sekitar, baik dengan sekadar melihatnya lebih sering, bergabung dengan orang lain dalam kelompok jalan kaki, atau dengan bertemu orang baru di rute yang Anda lalui. Peningkatan tingkat kontak sosial ini dapat membantu meningkatkan harga diri, suasana hati, dan kualitas hidup Anda secara keseluruhan.

6. Kualitas tidur yang lebih baik. Tidur malam yang nyenyak adalah kunci untuk menjaga status kesehatan mental yang baik. Kurang tidur dapat menyebabkan kecemasan, depresi, lesu, dan peningkatan iritabilitas. Penelitian telah menunjukkan bahwa berjalan kaki dapat membantu Anda memastikan Anda mendapatkan tidur yang berkualitas. Sebuah penelitian menemukan bahwa peserta yang mengambil lebih banyak langkah mengalami kualitas dan durasi tidur yang lebih baik dibandingkan mereka yang mengambil langkah lebih sedikit. Jadi jika Anda membutuhkan bantuan tidur, masukkan kebiasaan berjalan kaki ke dalam jadwal Anda.

Populer video

Berita lainnya