Anggaran Peringatan HUT RI 2024, Kenapa Ada Kenaikan?

Pict by Instagram

Presiden Joko Widodo menanggapi kenaikan anggaran untuk peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia yang akan diadakan pada 17 Agustus 2024. Menurut Presiden, acara tahun ini akan digelar di dua lokasi, yaitu Jakarta dan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Karena itu, wajar jika ada peningkatan anggaran.

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa upacara HUT RI sebelumnya hanya dilakukan di satu tempat. Kini, dengan adanya transisi ke dua lokasi, anggaran menjadi lebih besar. “Namun, kenaikan anggaran ini tidak signifikan,” ujar Jokowi saat menghadiri acara di JCC, Senayan, Jakarta pada Jumat (9/8/2024). Dia menambahkan, anggaran ini termasuk dalam anggaran Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) dan bukan merupakan lonjakan besar.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengakui bahwa biaya penyelenggaraan upacara kemerdekaan tahun ini meningkat. Hal ini disebabkan oleh pelaksanaan acara di dua lokasi berbeda, yaitu Jakarta dan IKN. “Anggarannya tentu lebih besar dibandingkan tahun lalu,” kata Pratikno di Kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta pada Selasa (6/8/2024).

Pratikno juga menambahkan bahwa setiap tahun, peringatan upacara kemerdekaan dibiayai oleh negara. Meskipun dia mengaku tidak mengetahui angka pasti dari kenaikan anggaran tahun ini, Pratikno menegaskan bahwa peningkatan tersebut tidak signifikan. “Saya tidak hafal jumlah pastinya, mungkin Pak Kasetpres yang lebih tahu,” ujar Pratikno.

Populer video

Berita lainnya