Yang Harus Dilakukan saat Anak Dirundung, Ini 7 Tips Bermanfaat untuk Orang Tua

pic by: canva.com

Bullying adalah kenyataan menyedihkan yang dialami banyak anak di sekolah. Tugas kita sebagai orang tua adalah membantu dan menjaga mereka tetap aman. Saat anak anda ditindas, hal ini dapat menimbulkan dampak emosional yang sangat besar bagi anda berdua, dan bertindak cepat dan efektif menjadi hal yang sangat penting.

Penindasan adalah kenyataan memilukan yang dihadapi banyak anak di sekolah. Sebagai orang tua, adalah tugas kita untuk mendukung dan melindungi anak-anak kita, memastikan mereka merasa aman dan dihargai. Jika anak anda menjadi korban perundungan, penting untuk segera mengambil tindakan yang efektif. Inilah yang harus dilakukan ketika anak anda ditindas di sekolah:

1. Identifikasi Tanda Peringatan

Namun, terkadang anak-anak tidak mengatakan sepatah kata pun tentang kesulitan mereka terutama ketika anak anda di-bully di sekolah. Anak anda mungkin tiba-tiba menyatakan ingin tinggal di rumah dan mungkin merasa cemas saat pergi. Sakit kepala dan sakit perut yang sering terjadi atau keluhan fisik lain yang tidak dapat dijelaskan dapat disebabkan oleh reaksi terhadap stres. Carilah tanda-tanda depresi, lesu, atau kurang antusias terhadap aktivitas yang biasa mereka nikmati.

2. Mendorong Komunikasi Terbuka

Penting bagi anda untuk menciptakan lingkungan di mana anak anda merasa cukup aman untuk mengekspresikan emosinya. Berikan anak anda kesempatan untuk menceritakan apa yang mereka alami tanpa merasa terganggu. Tunjukkan simpati dan pengertian. Biarkan mereka berbicara tentang bagaimana kesehariannya, termasuk interaksi dengan teman sebayanya.

3. Dokumentasikan Bullying

Catat semua kejadian perundungan secara detail. Catat tanggal, waktu, tempat terjadinya serta saksi-saksi yang hadir pada saat kejadian tersebut. Informasi ini akan berguna dalam menangani permasalahan di tingkat sekolah.

4. Bermitra Dengan Sekolah

Upaya sekolah kolaboratif dapat mengatasi masalah ini secara efektif dengan: Mengadakan pertemuan antara guru anak anda, konselor sekolah, atau kepala sekolah. Bagikan salinan catatan anda dan sebutkan apa yang paling membuat anda takut ketika anak anda ditindas di sekolah.

5. Biarkan Anak Anda Memiliki Kekuatan

Mengajari anak anda cara mengatasi situasi ketika anak anda ditindas dapat membangun harga diri dan kemampuan mereka untuk bangkit kembali. Dorong anak anda untuk tegas dan percaya diri pada haknya sendiri. Ajak anak melakukan aktivitas bermanfaat yang mereka kuasai.

6. Carilah Bantuan Profesional

Anda mungkin memerlukan terapi untuk anak anda jika mereka benar-benar terluka akibat bullying baik secara mental maupun emosional. Di sana dia akan menemukan tempat yang aman untuk emosi terdalamnya, memungkinkan dia menjadi lebih kuat melawan pukulan kehidupan yang tidak dapat dia kendalikan.

7. Tetap Terlibat

Anda harus selalu menjadi bagian dari kehidupan anak-anak anda setiap hari tanpa henti. Teruslah bertanya tentang hari mereka, bagaimana sekolahnya, apakah anda pergi keluar? Hal ini penting ketika anak anda ditindas karena hal ini membantu mereka mengatasi keadaan seperti itu dengan lebih baik daripada sendirian sambil disayangi oleh anda.

Populer video

Berita lainnya