Media Asing Soroti Kemenangan Indonesia di Piala AFF U-19 2024, Sebut Raja Baru di Asia Tenggara

(KOMPAS.COM/SUCI RAHAYU

Timnas Indonesia meraih gelar juara Piala AFF U-19 2024 setelah mengalahkan Thailand 1-0 dalam pertandingan final di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (29/7/2024). Gol tunggal yang dicetak oleh Jens Raven pada menit ke-17 mengakhiri penantian panjang Indonesia yang terakhir kali menjuarai turnamen ini pada 2013.

Sejumlah media asing menyoroti capaian ini dan memberikan pandangan mereka tentang kemenangan Indonesia. Berikut beberapa ulasan dari media internasional:

1. Media Thailand: “Thailand Sudah Berusaha Maksimal”

Media Thailand, Thailand Sport, mengakui kekalahan timnas mereka dari Indonesia. Dalam artikel berjudul, “Pada Akhirnya, ‘Timnas Thailand’ Tidak Bisa Mengimbangi, Kalah dari ‘Indonesia 0-1 di Final Kejuaraan Sepak Bola ASEAN U19′”, disebutkan bahwa Thailand telah berusaha maksimal terutama di babak kedua setelah gol Jens Raven. Namun, pertahanan Indonesia yang kokoh membuat Thailand kesulitan menembus gawang hingga akhir pertandingan. Thailand harus puas menjadi runner-up setelah kekalahan tersebut.

2. Media Vietnam: “Indonesia Bermain Agresif”

Media Vietnam, The Thao, menyoroti agresivitas permainan Indonesia dalam artikel berjudul, “U19 Indonesia Memenangkan Kejuaraan Asia Tenggara”. Pertandingan antara Indonesia dan Thailand disebut berlangsung menegangkan sejak menit pertama. Indonesia bermain lebih agresif dan berhasil mencetak gol melalui Jens Raven pada menit ke-17 setelah tendangan sudut. Setelah mencetak gol, Indonesia memperkuat pertahanan namun tetap bermain menyerang untuk mencari gol tambahan di babak kedua. Thailand yang bermain ceroboh tidak mampu memanfaatkan peluang mereka untuk menyamakan kedudukan.

3. Media Vietnam: “Menyambut Raja Baru di Asia Tenggara”

Media Vietnam lainnya, 24h.com, menyebut Indonesia sebagai raja baru di Asia Tenggara setelah kemenangan ini. Dalam artikel berjudul, “Pukulan Menyakitkan di Menit ke-18, Menyambut Raja Baru (U19 Asia Tenggara)”, mereka menyebutkan bahwa Indonesia dan Thailand tampil dengan permainan cepat. Setelah mencetak gol di menit ke-17, Indonesia bermain lebih proaktif dan berhasil menjaga keunggulan mereka. Thailand yang bermain kurang baik di babak kedua tidak mampu menciptakan peluang berbahaya dan akhirnya harus menerima kekalahan.

Kemenangan ini merupakan gelar kedua bagi Indonesia di Piala AFF U-19 setelah sebelumnya meraih gelar pada edisi 2013. Prestasi ini memperkuat posisi Indonesia sebagai salah satu kekuatan utama sepak bola muda di Asia Tenggara.

Populer video

Berita lainnya