Piweling, Festival Gamelan Yogyakarta ke-29 Diadakan Agustus 2024 Mendatang

Konferensi Pers Festival Gamelan Yogyakarta ke-29 (by: Indah CP)

Festival Gamelan Yogyakarta akan kembali digelar pada awal Agustus 2024. Tahun ini merupakan kali ke-29 festival ini diadakan. Sebelumnya, festival ini selalu sukses mengundang perhatian berbagai kalangan masyarakat dengan variasi format acara tentang gamelan yang dihadirkan.

Tahun ini, FGY ke-29 yang diadakan oleh Komunitas Gayam 19 mengangkat tema Piweling. Ari Wulu selaku Program Director dari penyelenggaran festival ini menjelaskan kenapa tema tersebut dipilih untuk tahun ini. Kondisi Pandemi Covid-19 tiga tahun lalu menjadi salah satu dasar keadaan dari diangkatnya tema Piweling ini. “Saya berdiskusi dengan beberapa teman, ini tidak hanya melulu tentang gamelan, kita baru beranjak dari situasi yang belum pernah terbayangkan sebelumnya. 2020 kemarin kita sempat mengalami wabah Covid-19. Di 2024kami merasa ada yang melandasi, ini masih menjadi teka-teki buat kita.”

Piweling juga dianggap sebagai sebuah tawaran dari Komunitas Gayam 16 kepada masyarakat luas bahwa ada hal-hal yang terjadi di masa lampau yang itu mutlak, benar dan baik. Tema tersebut diambil untuk dijadikan pijakan dan pengingat atas dasar pengetahuan yang dulu telah diciptakan. Hal tersebut dijelaskan oleh Ari pada saat konferensi pers yang berlangsung pada 29 Juli 2024 di Loman Park Hotel.

Festival Gamelan Yogyakarta akan berlangsung sejak 5 – 11 Agustus 2024 di beberapa lokasi berbeda dan variasi acara yang juga berbeda.

Akan ada Lokakarya Gamelan yang akan diikuti oleh siapapun yang ingin mendaftarkan diri dan ingin belajar tentang gamelan. Lokakarya ini diadakan pada tanggal 5-7 Agustus 2024. Lokakarya ini terbatas untuk 20 partisipan dan informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran lokakarya ini dapat diakses pada instagram resmi Komunitas Gayam 16.

Pada tanggal 6 Agustus akan diadakan Kegiatan Rembug Budaya yang akan berlangsung di Plaza Ngasem. Sedangkan tanggal 8 – 10 Agustus akan digelar Pagelaran Gamelan yang juga diadakan di Plaza Ngasem. Pagelaran Gamelan akan menampilkan beberapa penampil mancanegara diantaranya dari Prancis, Kanada, Banyuwangi. Selain itu, Harry Roesli Music School juga akan terlibat dan tampil pada Pagelaran Gamelan ini.

Puncak dari Festival Gamelan Yogyakarta akan digelar pada 11 Agustus 2024 di Stadion Kridosono dan bertajuk Gaung Gamelan. Di puncak acara ini akan melibatkan 14 kelompok karawitan dari desa binaan pemerintah DIY dan akan menampilkan gending yang berkaitan dengan tema yang diangkat, yakni Piweling.

Acara ini tidak dipungut biaya dan informasi lebih lanjut mengenai kegiatan-kegiatan yang akan berlangsung, dapat kamu akses di instagram resmi Komunitas Gayam 16.

Populer video

Berita lainnya