Drama Adu Penalti, Australia Menang Tipis atas Malaysia di Piala AFF U-19 2024

PIct by Instagram

Pertandingan sengit antara Australia dan Malaysia tersaji dalam perebutan tempat ketiga Piala AFF U-19 2024. Laga berlangsung di Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada Senin (29/7) sore WIB. Kedua tim sebelumnya kalah dari Thailand dan Indonesia di semifinal.

Timnas Malaysia U-19 bermain sabar pada awal babak pertama. Sebaliknya, Timnas Australia U-19 menekan dengan garis tinggi. Peluang pertama datang dari Australia melalui sepakan Arion Sulemani yang ditepis kiper. Sulemani kembali mendapat peluang dengan tandukan keras, namun masih bisa ditepis kiper Malaysia.

Gol pertama Australia tercipta di menit ke-28. Marcus Younis menyontek bola liar dari situasi tendangan sudut. Younis berhasil mengejar bola dan menceploskannya dengan sempurna. Malaysia nyaris menyamakan kedudukan melalui serangan balik cepat. Arami melepaskan tembakan dari ruang sempit, tetapi masih bisa dimentahkan kiper. Babak pertama berakhir dengan keunggulan 1-0 untuk Australia.

Memasuki babak kedua, Malaysia mengambil kendali permainan. Pavithran dkk terus mengepung Australia dalam 10 menit awal, namun sulit menciptakan tembakan on target. Danish Sahaludin nyaris mencetak gol di menit ke-60, namun tembakannya membentur bek Australia dan hanya menghasilkan corner kick.

Malaysia akhirnya menyamakan kedudukan pada menit ke-73. Jake Najdovski melakukan gol bunuh diri saat bola membentur kakinya dan masuk ke gawang sendiri. Skor imbang 1-1 bertahan hingga waktu normal usai. Pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti.

Di babak adu penalti, Medin Memeti menjadi penendang pertama Australia dan berhasil mencetak gol ke pojok kanan gawang. Abid Safaraz, penendang pertama Malaysia, juga berhasil mencetak gol ke pojok atas kanan gawang. Penendang kedua Australia, Oliver Randazzo, sukses menambah gol dengan tembakan ke pojok atas kanan gawang. Penendang kedua Malaysia, Pavithran, juga mencetak gol ke pojok kanan gawang.

Thiago, penendang ketiga Australia, mencetak gol dengan tembakan mendatar ke kanan gawang. Muhammad Zachary, penendang ketiga Malaysia, gagal mencetak gol karena tembakannya ditepis kiper Australia, Daniel Graskoski. Penendang keempat Australia, Adam Bugarija, berhasil mencetak gol ke tengah gawang. Danish Sahaludin, penendang keempat Malaysia, juga berhasil mencetak gol dengan tembakan melengkung ke pojok kanan gawang meski terbaca oleh kiper.

Penendang kelima Australia, Zane Helweh, memastikan kemenangan dengan mencetak gol ke pojok kanan atas gawang. Skor akhir adu penalti 5-3 untuk kemenangan Australia. Dengan hasil ini, Australia berhasil merebut tempat ketiga Piala AFF U-19 2024. Pertandingan ini menjadi penutup yang dramatis bagi kedua tim yang sama-sama menunjukkan permainan yang impresif.

Populer video

Berita lainnya