Thom Haye, Petualangan Baru di AZ Alkmaar?

Pict by Instagram

Gelandang baru Timnas Indonesia, Thom Haye, terlihat di markas AZ Alkmaar, klub Liga Belanda. Setelah mengakhiri kontraknya dengan SC Heerenveen pada 30 Juni 2024, Thom kini mencari klub baru selama bursa transfer musim panas. Sebelumnya, Thom diisukan akan bergabung dengan Como 1907, klub promosi Liga Serie A Italia. Namun, manajemen Como 1907 belum tertarik. Padahal, Thom adalah pemain kunci di SC Heerenveen yang finish di posisi ke-11 Eredivisie musim lalu.

Thom juga pernah membawa Timnas muda Belanda juara Euro U-17 2012. Keberadaannya di markas AZ Alkmaar terungkap melalui unggahan foto di media sosialnya dengan caption, “Work done (pekerjaan selesai).” Hal ini memicu spekulasi di kalangan pencinta sepakbola Indonesia. AZ Alkmaar bukan tempat asing bagi Thom. Dia adalah alumnus akademi klub tersebut, bergabung sejak 2006 hingga 2012. Setelah tampil gemilang di level junior, Thom dipromosikan ke tim utama pada 2012. Dia bermain 56 kali dan mencetak satu gol sebelum pindah ke Willem II Tilburg pada 2016.

Karier Thom penuh petualangan. Setelah dua musim di Willem II, dia bergabung dengan Lecce di Italia. Namun, hanya bertahan semusim sebelum kembali ke Belanda dan berkelana di Eredivisie. Kini, banyak yang bertanya-tanya apakah Thom akan kembali ke AZ Alkmaar atau mencari tim lain. Jika bergabung dengan AZ Alkmaar, Thom bisa bermain di Liga Eropa. AZ Alkmaar berhak mendapat tiket ke penyisihan grup Liga Eropa setelah berada di urutan keempat Eredivisie dengan 65 poin, di atas Ajax Amsterdam. Ini tentu kabar baik bagi pencinta sepakbola Indonesia, melihat pemain Timnas bermain di kompetisi Eropa.

Saga transfer Thom sangat dinantikan karena masa depannya masih abu-abu. Dengan nilai pasar sekitar Rp 52,14 miliar, Thom layak merumput di kasta tertinggi Eropa. AZ Alkmaar juga membutuhkan pemain baru di posisi gelandang setelah melepas Dani de Wit ke VfL Bochum. AZ Alkmaar bertekad bersaing meraih juara Eredivisie musim 2024-2025 dan terus melaju di Liga Eropa. Apakah Thom akan membuat comeback spektakuler di AZ Alkmaar atau mencari tantangan dengan klub baru, kita tunggu saja.

Selain Thom, pemain Timnas lainnya seperti Ragnar Oratmangoen dan Marselino Ferdinan juga berstatus tanpa klub. Ragnar dilepas FC Groningen dan belum ada kejelasan masa depannya. Marselino, gelandang muda 19 tahun, juga tanpa klub setelah kontraknya dengan KMSK Deinze habis pada 1 Juli 2024. Sejauh ini, hanya Jay Idzes yang bertahan di Venezia FC dan menjadi pemain kunci bagi klubnya di Liga Serie A Italia. Saga transfer pemain-pemain ini sangat dinantikan oleh pencinta sepakbola Indonesia.

Populer video

Berita lainnya