4 Cara Membedakan Pengajaran dan Dukungan Setiap Siswa

pic by: canva.com

Siswa tingkat yang lebih tinggi harus diarahkan untuk melampaui apa yang sedang dilakukan kelas. Untuk mencoba sesuatu yang lebih sulit atau menerapkan keterampilan dengan cara yang berbeda. Siswa yang tingkatannya lebih rendah dan kesulitan dengan suatu topik atau keterampilan mungkin memerlukan pengurangan beban kerja tetapi mereka mungkin memerlukan diferensiasi dalam cara lain. Mereka mungkin memerlukan lebih banyak latihan pada keterampilan dasar.

Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk memasukkan diferensiasi ke dalam kelas anda:

  • Manipulatif

Siswa tingkat bawah mungkin perlu mempraktikkan konsep abstrak dengan manipulatif. Misalnya, jika kelas anda mengerjakan penjumlahan, berikan siswa yang kesulitan manik-manik, balok lego, atau serangga plastik (apa pun yang mungkin menarik minat mereka). Mintalah mereka menggunakan ini untuk berlatih menambahkan.

  • Jadikan Itu Tugas Menulis.

Cara sederhana untuk membedakannya adalah dengan menambahkan komponen menulis untuk siswa tingkat tinggi. Untuk pekerjaan mengeja, mintalah siswa tingkat yang lebih tinggi untuk menuliskan kata-kata dalam kalimat lengkap. Semua siswa saya mendapatkan daftar kata ejaan yang sama tetapi mereka mengerjakan pekerjaan rumah yang sedikit berbeda dengan kata-kata tersebut.

Menulis kalimat juga merupakan salah satu cara untuk menambah tantangan ekstra bagi siswa yang mempelajari kosakata baru. Daripada sekedar mengidentifikasi kata yang berhubungan dengan sebuah gambar. Mintalah siswa untuk memberikan jawabannya kembali dalam satu kalimat lengkap baik secara lisan maupun tulisan.

  • Pusat/Kelompok Kecil

Kebanyakan orang menganggap pusat sebagai sesuatu yang hanya digunakan di tingkat yang lebih rendah (prasekolah-kelas 1?) Namun, saya menggunakan “pusat” di kelas saya dari kelas 1 hingga kelas 5. Mereka pasti dapat digunakan melampaui kelas 5 juga! Pusat atau rotasi adalah cara yang bagus untuk membedakan pengajaran di kelas anda. Ide dari tugas kerja pusat/kelompok kecil adalah agar siswa mempunyai kesempatan untuk mempraktikkan keterampilan dalam lingkungan yang bebas stres dan langsung. Selain itu, Anda dapat menyesuaikan tugas siswa dengan tingkat keahlian.

Salah satu tips jika anda berencana untuk memulai center di kelas anda adalah memastikan dan menetapkan ekspektasi yang jelas sebelum anda memulai. Jelaskan harapan bagaimana bekerja dalam kelompok, apa yang harus dilakukan dengan materi setelah anda selesai, bagaimana siswa akan bergilir ke pusat yang baru, dll.

  • Papan Pilihan

Papan pilihan adalah cara hebat lainnya untuk membedakan pengajaran. Papan pilihan seperti kartu Bingo. Mereka memiliki 9-20 kotak dalam satu halaman. Setiap kotak menggambarkan aktivitas atau tugas berbeda yang harus diselesaikan siswa. Ketika siswa menyelesaikan tugas, mereka mencoretnya di papan pilihan mereka. Siswa harus menyelesaikan satu baris seperti di Bingo. Papan pilihan dapat dibuat untuk semua mata pelajaran dan tingkat kelas. Penting untuk memasukkan aktivitas yang disesuaikan untuk semua jenis pembelajar (aktivitas yang berhubungan dengan menggambar, gerakan, musik, alam, dll).

Saya menyukai papan pilihan matematika yang digambarkan di atas dari Krejci Creations karena papan ini memastikan siswa berinteraksi dengan konsep matematika dengan cara yang penting sambil tetap memberikan pilihan! Biarkan Siswa Menggunakan Teknologi Untuk Memperluas Pembelajaran. Ada banyak situs web pendidikan bagus yang bisa digunakan siswa untuk mempraktikkan keterampilan yang mereka lemah.

Populer video

Berita lainnya