Cara Mengatur Keuangan Agar Tidak Boncos selama Ramadhan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Meningkatkan pengeluaran selama Ramadhan dapat dipicu karena banyaknya tawaran potongan harga atau diskon. Apalagi, tradisi mengenakan “baju baru” saat lebaran juga erat bagi masyarakat Indonesia. Kondisi ini tentu saja dapat mempengaruhi keuangan.

Lantas bagaimana cara mengatur keuangan selama bulan puasa? Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), setidaknya ada 4 tips yang dapat digunakan masyarakat dalam mengelola keuangan saat Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri.

Buat Rencana Keuangan

Susun alokasi keuangan selama bulan Ramadan, seperti belanja sahur, buka puasa, THR, sedekah, zakat, dan kebutuhan lebaran

Tahan Godaan Belanja Barang yang Tidak Dibutuhkan

Diskon besar memang menggoda tapi belanjalah hanya untuk kebutuhan sesuai rencana yang sudah disusun. Hal ini bertujuan agar tujuan yang disusun dalam rencana keuangan dapat tercapai.

Jangan Meminjam Secara Online

Fitur paylater atau pinjaman online memang bisa membantu menalangi belanja kebutuhan kita. Namun, itu merupakan bentuk uang yang harus dilunasi.

Catat Pengeluaran Secara Disiplin

Biasakan mencatat pengeluaran harian agar kamu bisa memantau segala bentuk transaksi keuangan. Ingat, selalu disiplin terhadap rencana keuangan yang telah disusun.

Populer video

Berita lainnya