Optimisme adalah Berpikir Positif dalam Islam

pic by: canva.com

Berpikir positif dan negatif memiliki dampak paling kuat pada pikiran manusia dan dapat memengaruhi cara kita memandang dunia. Optimisme adalah berkah yang diajarkan melalui Al-Qur’an dalam kisah-kisah yang dapat kita pahami bersama.

Lalu mengapa Optimisme dikendalikan oleh pemikiran positif? Islam mengajarkan melalui Al-Qur’an bahwa pikiran adalah kekuatan pikiran. Anda dikendalikan oleh pikiran yang anda miliki. Pikiran mempengaruhi pandangan anda terhadap kehidupan, jadi pandangan hidup yang optimis bergantung pada pemikiran positif tentang dunia. Jika Anda memiliki pikiran negatif, kemungkinan besar anda akan menderita pandangan hidup yang pesimistis.

Dzikir atau pikiran positif kepada Allah adalah dzikir yang benar kepada Allah. Allah mengajarkan kita melalui ayat-ayatnya bahwa kita perlu berada dalam kerangka berpikir positif dan lebih optimis. Caranya adalah melalui zikir dan tentu saja itu berarti mengulang-ulang pemikiran dalam tataran praktis.

Kita bisa mengendalikan pikiran-pikiran tersebut dengan mengingat Allah SWT. Ketika kamu ingat bahwa Allah SWT selamanya penyayang kepadamu, kamu akan merasa puas bahwa Allah akan mengasihanimu meskipun kamu melakukan kesalahan. Hal ini akan membuat rasa takut anda berkurang karena akibat langsung dari dosa-dosa yang terus kita lakukan, kita tidak bisa meminta pertolongan kepada Allah.

BAGAIMANA MEMULAI BERPIKIR POSITIF

Kami mulai di awal hari ketika anda bangun. Rasulullah (damai dan berkah besertanya) mengajarkan kita hal pertama yang harus anda lakukan ketika bangun tidur adalah berpikir tentang Allah dalam sudut pandang yang paling positif. Yaitu bersyukur karena Allah telah memberimu kehidupan dan satu hari lagi untuk melakukan sesuatu yang hebat dalam hidupmu.

Segera setelah Anda bangun, Anda berdzikir: Segala puji bagi Allah yang telah memberiku kehidupan setelah mengambilnya dariku, dan hanya kepada-Nya lah kembalinya yang terakhir.

Inilah yang diucapkan Nabi (damai dan berkah besertanya) sebagai kata pertama di pagi hari. Ingatan pertama, pikiran pertama yang harus terlintas di benak kita saat bangun tidur adalah pikiran positif rasa syukur kepada Allah. Syukur akan memberi anda kebahagiaan dalam hidup.

Begitu banyak orang yang tertidur dan tidak pernah bangun lagi, jadi ini adalah berkah yang paling menakjubkan, untuk mendapatkan kesempatan lagi dalam hidup. Setiap hari adalah kesempatan baru, manfaatkanlah sebaik-baiknya. Jangan sampai dirimu tenggelam dalam kesibukan hidup.

Ingatlah Allah, lalu setelah kamu salat, ingatlah Allah lagi. Ini adalah dosis positif tiga kali lipat setiap hari. Bayangkan apa manfaat pikiran positif dan rasa syukur bagi anda jika anda memilikinya setiap hari. Itu sudah cukup untuk memberi anda awal yang luar biasa dalam kehidupan Anda sehari-hari.

Ikutilah sunnah Rasulullah SAW, lakukanlah Adhkar pagi hari (zikir yang dicatat dalam sunnah) karena dengan sendirinya hal ini akan membentuk kerangka pikiran anda sehingga anda memiliki proses berpikir dan pandangan yang optimis dan benar-benar positif.

Populer video

Berita lainnya