5 Kebiasaan Sederhana yang akan Membuat Kamu Jadi Jenius yang Kreatif

pic by: canva.com

Kreativitas sedang banyak diminati saat ini. Apakah anda perlu menjadi lebih kreatif untuk pekerjaan anda atau untuk proyek yang anda minati, ada kebiasaan tertentu yang dapat membuka kejeniusan kreatif dalam diri anda. Meskipun beberapa orang mungkin percaya bahwa anda perlu memiliki semacam gen kreatif dalam diri anda, Anda pasti dapat mengembangkan kreativitas melalui pola pikir, gaya hidup, dan kebiasaan yang benar.

5 Kebiasaan Sederhana yang Akan Membuat Anda Menjadi Jenius yang Kreatif:

Kebiasaan #1: Berkreasi secara konsisten

Ketika anda tidak konsisten dengan karya seni anda, Anda kehilangan kepercayaan dari audiens anda. Mereka tidak tahu apakah anda akan terus menepati janji anda. Tidak masalah apakah itu postingan blog, podcast, buletin, musik, atau jenis karya kreatif lainnya. Audiens anda perlu tahu bahwa mereka dapat mengandalkan anda untuk menyampaikannya. Ini adalah salah satu ciri utama antara seorang profesional dan amatir.

Seorang amatir berkreasi kapan pun mereka menginginkannya, dan seorang profesional tetap bekerja apa pun yang terjadi. Jika anda mempunyai pekerjaan, keluarga, terlibat dalam komunitas anda, dan mempunyai komitmen lain, anda tahu betapa sulitnya untuk menjadi konsisten.

Kebiasaan #2: Fokus membantu orang lain

Saya mendapatkan kekuatan emosional dari kesendirian (itulah sebabnya terkadang sulit untuk meminta bantuan), dan saya menyukai sistem dan proses. Ini juga berlaku untuk pertumbuhan pribadi dan kreatif saya. Saya memiliki setumpuk buku untuk dibaca, daftar tugas yang panjang, dan segala macam cara yang ingin saya tingkatkan.

Namun dalam prosesnya, sangat mudah untuk melupakan bahwa saya perlu lebih fokus membantu orang lain untuk berkembang. Dan dalam prosesnya, saya juga akan berkembang. Inilah alasan saya menulis, memulai grup Facebook, dan alasan saya mencoba untuk secara sengaja terlibat dengan orang-orang secara online. Saya memiliki kecenderungan alami untuk fokus ke dalam. Mungkin anda juga melakukannya. Kegembiraan sesungguhnya dalam menciptakan karya seni datang ketika kita membaginya dengan orang lain dan membantu orang lain mencapai potensi kreatif mereka.

Kebiasaan #3: Berkolaborasi dengan orang lain

Ketika anda baru memulai sebagai seorang seniman (atau mungkin bahkan ketika anda sudah lama melakukannya), anda tidak memiliki tim di sekitar anda untuk membantu. Anda merasakan tanggung jawab melakukan semuanya sendiri. Dalam kasus saya, itu berarti memunculkan ide, memotivasi diri sendiri, dan melakukan semua kerja keras yang berkaitan dengan menulis dan mengedit.

Ada banyak peluang untuk membangun jaringan, dalang, grup Facebook, grup artis lokal, grup gereja, dan banyak cara lain untuk terhubung dengan orang-orang. Temukan orang-orang yang berpikiran sama yang akan menantang anda, menyemangati anda, dan membantu Anda menjadi yang terbaik. Kemudian jika memungkinkan, temukan cara untuk bekerja sama

Kebiasaan #4: Jalani gaya hidup sehat

Saat saya lebih disiplin dalam berolahraga dan makan dengan baik, saya menyadari perbedaan besar dalam tingkat energi dan sikap saya. Bukan rahasia lagi bahwa olahraga membantu anda menjadi lebih kreatif.

Kebiasaan #5: Berorientasi pada aksi

Artinya saya punya kecenderungan menganalisis setiap keputusan secara berlebihan. Ketika saya pertama kali mulai ngeblog, saya menghabiskan waktu berjam-jam memikirkan desain blog saya dan detail yang tidak penting. Saya berharap saya menghabiskan seluruh waktu untuk membuat konten. Jika anda seorang perfeksionis, anda pasti tahu maksud saya. Hampir mustahil untuk membiarkan sesuatu berlalu sampai sesuatu itu menjadi sesempurna yang kita bisa. Namun kecenderungan ini bisa sangat merugikan kita jika kita berfokus pada hal yang salah.

Populer video

Berita lainnya