3 Cara Mendefinisikan Kualitas Orang yang Sangat Kreatif

pic by: canva.com

Kita semua sampai taraf tertentu ‘kreatif’ karena ide dan imajinasi yang berbeda selalu terlintas di benak setiap orang. Namun ada beberapa orang yang bisa memanfaatkan ide-ide tersebut untuk menciptakan sesuatu dengan cara yang lebih tepat. Penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa ciri dan kualitas yang diasosiasikan dengan orang-orang yang sangat kreatif yang membuat mereka mampu mengembangkan imajinasinya dengan indah.

Jika Anda ingat masa kanak-kanak atau baru-baru ini berada di dekat anak-anak, Anda tahu bahwa anak-anak sangat kreatif. Entah seorang anak-anak atau seorang jenius, orang-orang yang sangat kreatif ini memiliki 3 kualitas yang membuat mereka begitu kreatif. Seiring berjalannya waktu, kita cenderung kehilangan kreativitas. Kita mulai menyadari keterbatasan kita dan pada gilirannya menjadi malu dan menjauhkan diri dari hal-hal yang tidak kita kuasai.

Dalam bukunya, A Whole New Mind, Daniel Pink berpendapat bahwa seiring berjalannya waktu, Dunia Barat kita akan membutuhkan lebih banyak kreativitas. Mengapa? Salah satunya adalah karena robot dan manusia di Tiongkok dan India dapat melakukan sebagian besar tugas non-kreatif dengan lebih baik, lebih cepat, dan lebih murah dibandingkan kemampuan kita.

Oleh karena itu, Pink berpendapat bahwa kita perlu kreatif. Tapi apa artinya menjadi kreatif? Lebih penting lagi, kualitas apa saja yang harus dicari untuk menjadi orang yang sangat kreatif? Apakah kreativitas sudah ditetapkan? Apakah itu murni alami atau bisa dipupuk? Seperti kebanyakan, jika tidak semuanya, mungkin keduanya.

Fü Rst, Ghisletta, dan Lubart, mengemukakan tiga ciri kepribadian tingkat tinggi yang pada akhirnya menentukan kemampuan kreatif seseorang. Diantaranya:

  • Rasa Ingin Tahu

Istilah yang mereka gunakan adalah plastisitas. Hal ini berkaitan dengan keterbukaan seseorang terhadap ide dan pengalaman baru. Orang yang sangat kreatif mempunyai rasa ingin tahu. Mereka tertarik dan terinspirasi secara alami yang menyebabkan mereka mengeksplorasi hal dan ide baru. Mereka adalah penjelajah.

  • Divergensi

Istilah yang mereka gunakan adalah divergensi. Divergensi menyiratkan rendahnya peringkat dalam keramahan dan kehati-hatian. Orang yang sangat kreatif adalah orang yang tidak konformis.

  • Konsistensi – Konvergensi

Istilah yang mereka gunakan adalah konvergensi. Ini mengacu pada tekad dan ketekunan orang tersebut. Ide itu mudah, yang sulit adalah pekerjaannya. Namun orang-orang yang sangat kreatif tidak hanya mempunyai ide-ide tetapi berhenti tanpa mengeluarkan biaya untuk mengeksplorasinya sepenuhnya. Mereka adalah orang-orang yang berprestasi. Ketika kita berpikir tentang orang yang benar-benar kreatif, kita mungkin berpikir bahwa hanya 1 atau mungkin 2 dari sifat-sifat inilah yang membuat mereka menjadi seperti itu.

Populer video

Berita lainnya