Takdir Dalam Islam

pic by: canva.com

Apa peran takdir dan predestinasi dalam hidup Anda? Pertanyaan ini adalah sesuatu yang sebagian besar dari kita pikirkan pada suatu saat. Dari sinilah muncul gagasan predestinasi dan merupakan salah satu rukun iman Islam. Hal ini menunjukkan kepada kita bahwa Allah mengetahui segala sesuatu sebelum sesuatu itu ada.

Kedua, Pilihan anda memiliki kekuatan untuk membentuk Takdir anda. Jadi bagaimana hal ini mempengaruhi nasib anda? Anda mungkin bertanya-tanya apakah ini berarti anda tidak memiliki kendali atas tindakan anda sendiri. Jawabannya adalah anda memiliki kendali penuh atas tindakan anda sendiri. Tindakan anda dikendalikan oleh pilihan yang anda buat.

BAGAIMANA PENGETAHUAN MEMBENTUK TAKDIR ANDA

Allah mengajarkan kepada para Malaikat bahwa Dia telah memberikan ilmu dan petunjuk kepada umat manusia. Dengan bimbingan Allah ini, melalui Al-Quran, umat manusia dapat mengatasi dorongan negatif yang kita semua derita dan menjadi pemimpin yang mendapat petunjuk yang benar dalam hidup kita sendiri.

Dalam ayat ini, Allah secara eksplisit memberi tahu anda bahwa anda diciptakan untuk memimpin. Anda tidak diciptakan untuk menjadi pengikut. Ini tidak berarti anda harus memimpin komunitas atau dunia. Namun, Allah mengajarkan kita bahwa anda memiliki potensi untuk memimpin dunia jika anda mau.

Kepemimpinan itu berasal dari pengetahuan. Pengetahuan akan mengangkat anda di atas segalanya. Jika anda ingin menciptakan takdir anda sendiri, mengontrol bagaimana hidup anda dan apa yang akan Anda dapatkan di akhirat, Anda harus mengejar ilmu.

PILIHAN ANDA MEMBENTUK TAKDIR ANDA

Anda bisa menjadi pemimpin dalam hidup anda dengan membuat pilihan karena Pilihan itulah yang akan membentuk hidup anda. Allah mengajarkan kita bahwa kita akan menjadi pemimpin di dunia kita, tapi ini hanya bisa terjadi jika kita membuat pilihan yang tepat. Jika anda mengikuti petunjuk Al-Qur’an dan Sunnah, anda tidak akan salah.

Jika anda melakukan kesalahan di masa lalu, ketahuilah bahwa masa lalu telah berlalu selamanya dan anda tidak dapat mengubahnya. Namun anda mempunyai kekuatan untuk berubah hari ini dan besok. Yang harus anda lakukan adalah membuat pilihan sekarang.

Pikirkan tentang apa yang anda baca dan bagaimana kaitannya dengan anda. Semakin sering Anda melakukan hal ini, semakin anda mengizinkan bimbingan illahi dalam Al-Qur’an untuk membentuk pemikiran anda dan membantu anda membuat keputusan yang tepat, insya Allah.

Allah melatih kita melalui pembentukan pemikiran kita. Anda dapat mulai mengendalikan hidup anda sendiri hari ini dengan mempelajari dan memahami Al-Quran. Kepemimpinan adalah sebuah pilihan tetapi jika anda tidak memilihnya, secara default anda membiarkan orang lain memimpin anda. Hal yang menyedihkan tentang hal ini adalah, suatu hari Anda mungkin berakhir di suatu tempat yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya, hanya karena Anda tidak membuat pilihan sendiri.

Populer video

Berita lainnya