Depresi atau Malas? 4 Hal yang Perlu Diketahui

pic by: canva.com

Apakah anda kesulitan menyelesaikan pekerjaan? Apakah anda mencoba mencari tahu apakah anda depresi atau malas? Simak empat hal yang mengonfirmasi bahwa anda mungkin tidak malas. POIN PENTING: Kemalasan sering kali merupakan gejala dari sesuatu yang lebih penting, seperti depresi atau kecemasan, dan hal ini tidak boleh kita anggap sebagai sesuatu yang kasar.

Memahami akar kemalasan anda dan bahkan menerimanya dapat menghasilkan perawatan diri yang lebih baik dan kesehatan mental yang lebih kuat. Saya selalu menjadi orang yang disiplin. Saya adalah seorang yang berprestasi akademis. Namun, ada beberapa aspek dalam hidup saya yang saya akui bahwa saya “malas”.

Perbedaan Utama Antara Depresi dan Kemalasan, Depresi dan kemalasan memiliki banyak kesamaan, itulah sebabnya banyak orang disalahartikan sebagai pemalas. Depresi terasa sangat kelam. Anda akan menyadari bahwa sulit untuk bangun dari tempat tidur di pagi hari. Bukan karena anda begitu santai dan menikmati waktu nyaman anda, tapi karena anda sedih, dan putus asa. Sedangkan Kemalasan lebih merupakan pengalaman situasional. Terkadang Anda mungkin merasa malas karena lelah karena minggu yang sibuk.

 Dari sudut pandang saya sebagai seorang life coach, rasa malas merupakan cerminan bahwa kesehatan dan kesejahteraan seseorang perlu diperhatikan.

  • Anda mungkin mengalami masalah dengan penautan nilai.

Gali lebih dalam hingga anda benar-benar dapat menyelaraskan dengan nilai menyeluruh dari suatu tugas sehingga anda akhirnya dapat menyelesaikannya. Jika tidak, anda akan menolak untuk memulai dan terus menunda-nunda serta mendapat label “malas”.

  • Anda kecanduan media sosial.

Kecanduan media sosial adalah masalah yang terdokumentasi. Sadarilah bahwa aktivitas sosial anda berkontribusi terhadap kesehatan mental anda baik secara positif maupun negatif. Fokuslah untuk mengurangi waktu yang anda habiskan di media sosial.

  • Anda mungkin bergelut dengan penyalahgunaan narkoba.

Kemalasan dan depresi bisa menjadi gejala masalah penyalahgunaan zat adiktif.  Mungkin hal ini tampak seperti kemalasan (datang terlambat, tidak membuat janji, meninggalkan teman), namun sebenarnya ini adalah masalah kecanduan.

  • Anda malas karena terlalu banyak pekerjaan.

Saat anda bekerja dari jarak jauh, anda dibanjiri pekerjaan dari segala sudut. Komputer Anda, telepon anda, dan jam tangan Apple anda mengirimi anda pesan saat rapat Zoom anda dimulai. Ini terlalu banyak. Menanggapi pengalaman kewalahan ini dengan apa yang tampak seperti kemalasan.

Populer video

Berita lainnya