Rencana dan Ide Perawatan Diri Guru untuk Menjaga Tetap Waras

pic by: canva.com

Frustrasi dan kelelahan, para guru harus mampu beralih dari pengajaran tradisional di kelas ke pengajaran online virtual dalam waktu singkat. Kesulitan guru dalam menjaga kesehatan fisik dan mental selama ini dipercepat mulai dari pembuatan materi pembelajaran asinkron dan sinkron, mempelajari program dan platform pengajaran online baru, sambil berusaha membuat siswa tetap terlibat dan termotivasi, serta menjaga kesehatan dan keselamatan keluarganya.

Apa Sebenarnya Perawatan Diri itu?

Ini bukanlah pertanyaan yang mudah untuk dijawab karena perawatan diri setiap orang berbeda-beda. Namun, definisi utama perawatan diri bervariasi namun bermuara pada aktivitas apa pun yang dilakukan untuk memperoleh atau mempertahankan tingkat kesehatan yang optimal.

Perawatan diri bukanlah sesuatu yang memerlukan biaya, meskipun ketika anda mulai melihat manfaatnya, Anda mungkin ingin mengambil pilihan perawatan diri yang memiliki label harga. Namun anda bisa memulai dengan cara gratis dan mudah untuk memulai rutinitas perawatan diri.

Mengapa Perawatan Diri Penting

Pentingnya perawatan diri secara langsung mempengaruhi banyak bidang kehidupan anda karena tidak merawat diri sendiri sering kali mengakibatkan anda tidak melakukan pekerjaan dengan baik dalam mengurus banyak hal penting di sekitar anda.

Perawatan diri akan menciptakan gaya hidup yang seimbang dan memuaskan. Ketika anda memperhatikan kebutuhan anda, anda membuka jalan untuk menjalani kehidupan yang seimbang. Hal ini kemudian dapat mengarah pada kehidupan yang penuh dengan aktivitas yang menyenangkan, hubungan baik, kepuasan dalam mengajar, dan waktu senggang bersama teman dan keluarga yang memberi anda kegembiraan.

Mengembangkan Rencana Perawatan Diri

Anda mungkin tidak menyadari bahwa anda membutuhkannya. Namun perlu diingat bahwa anda mencari hal-hal yang memungkinkan anda mencapai kesehatan fisik, mental, dan emosional yang optimal. Itu berarti melakukan sesuatu karena hal itu membantu Anda merasa lebih baik, bukan karena anda merasa harus melakukannya.

Berikut beberapa contohnya:

Untuk perawatan diri secara fisik. Anda bisa berjalan-jalan, memutar musik dan menari di sekitar rumah, mandi, makan makanan bergizi dan tidur yang cukup.

Untuk perawatan diri emosional. Anda dapat berbaik hati kepada diri sendiri ketika anda melakukan kesalahan, merefleksikan perasaan anda tentang topik tertentu secara tertulis.

Saat mencari perawatan diri spiritual. Anda dapat bermeditasi, menulis jurnal, membaca tentang tradisi keagamaan yang tidak anda kenal, dan berjalan-jalan di alam sambil merenungkan keajaiban alam di sekitar Anda.

Kepedulian sosial Anda berarti memiliki jaringan teman-teman yang suportif dan dapat diandalkan, menghormati komitmen anda kepada orang lain, menghabiskan waktu bersama keluarga, bertemu orang baru, dan meminta bantuan saat anda membutuhkannya.

Populer video

Berita lainnya