Bagaimana Cara Melibatkan dan Memotivasi Siswa di Kelas? Simak Artikel Ini

pic by: canva.com

Bagaimana membuat siswa terlibat atau termotivasi di kelas? Anda tidak boleh terlalu serius atau menganggap sesuatu terlalu serius. Namun jika saya adalah orang luar yang melihat ke dalam, saya akan sepenuhnya memahami komentar mereka. Saya tahu banyak yang berpikir, bagaimana cara saya mengelola anak-anak sekolah menengah ini.

Terutama karena sebagian besar siswa saya menjulang tinggi di atas tubuh kecil saya yang berukuran 5 kaki. Dan meskipun saya bukan siswa sekolah menengah terbaik pada zaman saya, saya hanya perlu sedikit keterlibatan.

Sebenarnya, saya telah menerapkan metode yang sama untuk semua kelas saya sejak saya mulai mengajar sebagai guru pengganti pada tahun 2006. Metode ini berhasil untuk semua tingkatan kelas, semua bidang konten, dan bahkan dengan orang dewasa awal ketika saya mengajar kelas GED.

 Ini bukan tentang melakukan trik, meskipun saya kenal beberapa guru yang melakukannya, dan ini berhasil bagi mereka, tetapi ini melibatkan menciptakan cara anda sendiri untuk memotivasi dan melibatkan siswa yang juga nyaman bagi anda.

Untuk memberi Anda beberapa strategi, berikut adalah empat tips yang saya bagikan agar anda dapat membuat siswa anda tetap tertarik, terlibat, dan termotivasi untuk belajar.

Strategi Keterlibatan Siswa

Tip #1 –Ceritakan kisah-kisah yang menghubungkan pelajaran dengan kehidupan nyata. Saya tidak menceritakan kisah yang sama kepada siswa kelas 7  dengan cerita kepada siswa GED.  Kaitkan pelajaran tersebut dengan hal-hal yang mungkin dialami oleh kelompok usia anda.

Tip #2 –Berikan pekerjaan dalam jumlah yang lebih kecil. Memberikan satu paket pekerjaan berbeda dengan memberikan lembar kerja setiap hari. Saya mengemas pekerjaan, sepertinya tugas yang sangat berat untuk diselesaikan oleh siswa kelas 4 SD dengan cara diselesaikan di kelas, satu per satu.

Tip #3 –Urutkan pekerjaan dan informasi baru dengan jawaban yang paling mudah terlebih dahulu. Jika anda memulai lembar kerja atau penilaian dengan pertanyaan dan jawaban yang paling sulit, siswa akan menyerah dan kehilangan minat. Mereka ingin merasa sukses meskipun mereka terjebak pada beberapa pertanyaan sulit, mereka dapat melihat bahwa mereka telah mencapai sebagian besar pekerjaan.

Tip #4 –Biarkan siswa menyerahkan pekerjaan yang belum selesai. Lebih baik mengetahui apa yang mereka dapatkan, daripada tidak mengetahui apa pun. Anda mungkin memiliki siswa yang telah menyelesaikan 14/20 pertanyaan tetapi tidak menyerahkannya karena mereka tidak menyelesaikan semuanya. Kemudian han

Populer video

Berita lainnya