Kontroversi Saaih Halilintar Melepas Burung Love Bird, Irfan Hakim Beri Penjelasan

Pict by Instagram

Saaih Halilintar baru-baru ini menuai kritik dari netizen setelah aksinya melepas burung Love Bird yang baru dibeli. Adik Atta Halilintar ini dianggap ‘pahlawan kesiangan’ karena Love Bird tidak seharusnya dilepas sembarangan. Aksi Saaih Halilintar ini disorot oleh Irfan Hakim. Sebagai pecinta binatang, Irfan memberikan nasehat kepada Saaih bahwa niat baiknya tidak tepat dilakukan di Indonesia.

“Niatnya Saaih bagus, membuat burung bebas seperti seharusnya. Tapi masalahnya, yang diterbangkan adalah Love Bird,” kata Irfan Hakim saat Saaih datang ke acara talkshow yang dibawakannya. Presenter berusia 48 tahun ini menjelaskan bahwa Love Bird tidak bisa dilepasliarkan di Indonesia. Habitat asli burung ini adalah Madagaskar. Jika dilepaskan sembarangan, hal tersebut bisa merusak habitat lain.

“Jadi, ketika satu binatang dilepaskan, harus di habitatnya. Misal, cenderawasih di Papua, jalak Bali di Bali, tidak boleh dilepaskan di Jawa. Nah, Love Bird berasal dari Benua Afrika, tepatnya Madagaskar. Tidak bisa di alam liar sini karena bisa merusak habitat lainnya,” jelas Irfan Hakim. Mendengar penjelasan tersebut, Saaih Halilintar mengaku baru mengetahuinya. Walau begitu, Youtuber berusia 22 tahun ini mengaku sudah izin ke penjual Love Bird sebelum melepaskannya.

“Aku sebenarnya tidak tahu. Sebelumnya aku tanya ke penjualnya, ini aman tidak kalau aku lepas. Katanya aman, karena di sini banyak makanan. Kalau tidak menemukan makanan, dia balik sendiri,” tutur Saaih.

Populer video

Berita lainnya