Selamat Jalan, Shelley Duvall, Bintang ‘The Shining’ Tutup Usia

Pict by Instagram

Shelley Duvall meninggal dunia di Texas pada Kamis, 11 Juli. Bintang legendaris film horor “The Shining” (1980) ini meninggal pada usia 75 tahun. Penyebab kematiannya adalah komplikasi diabetes. Berita duka ini diumumkan oleh kekasih Duvall, Dan Gilroy. Dalam keterangan resminya, Gilroy menyampaikan bahwa Duvall telah berjuang melawan penyakit komplikasi tersebut.

“Kekasih, pasangan, dan rekanku yang terkasih meninggalkan kita semalam. Terlalu banyak penderitaan belakangan ini, dan sekarang akhirnya bebas. Terbang lah Shelley yang cantik,” ujar Gilroy seperti diberitakan Variety. Dan Gilroy tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai kondisi terakhir Shelley Duvall. Ia juga tidak mengungkapkan rencana pemakaman aktris tersebut.

Shelley Alexis Duvall memulai karier aktingnya setelah bakatnya ditemukan oleh sutradara legendaris Robert Altman. Altman meraih lima nominasi Piala Oscar. Duvall membintangi sejumlah film garapan Altman, seperti “Brewster McCloud” (1970), “McCabe & Mrs. Miller” (1971), dan “Thieves Like Us” (1974).

Karier Duvall semakin melejit dengan perannya dalam “Nashville” (1975) dan “3 Women” (1977). Aktris kelahiran 7 Juli 1949 ini bahkan meraih penghargaan Best Actress dari Cannes Film Festival Award berkat perannya di “3 Women”. Pada era 1980-an, Duvall menjadi salah satu aktris populer melalui berbagai film. Ia sering bekerja sama dengan Robert Altman, termasuk dalam film “Popeye” (1980) sebagai Olive Oyl.

Duvall juga tampil dalam film hit Woody Allen, “Annie Hall” (1977), sebagai jurnalis Rolling Stone. Popularitasnya semakin meningkat saat dipilih Stanley Kubrick untuk “The Shining” (1980). Dalam film ini, Duvall memerankan Wendy Torrance, istri Jack Torrance yang dimainkan Jack Nicholson.

Penampilan Shelley Duvall di “The Shining” menuai pujian kritikus. Film ini menjadi salah satu karya legendaris Stanley Kubrick yang masih banyak dibahas hingga sekarang. “The Shining” juga menjadi salah satu proyek paling berat yang pernah dikerjakan Duvall. Ia harus ikut syuting selama lebih dari setahun dengan banyak tuntutan dari sutradara.

Beberapa adegan di “The Shining” membutuhkan lebih dari 100 kali pengambilan gambar. Salah satu adegan tersebut mencetak rekor di Guinness Book of World Records untuk pengambilan adegan dengan dialog terbanyak. Karier Duvall berlanjut pada 1990-an dengan membintangi sejumlah film dan serial TV. Namun, pada 2002, ia memutuskan hiatus dari dunia akting. Duvall sempat comeback dalam film “The Forest Hills” (2023), yang menjadi film terakhir sebelum ia berpulang.

Selamat jalan, Shelley Duvall. Terima kasih atas karya-karya luar biasa yang telah kamu berikan kepada dunia perfilman.

Populer video

Berita lainnya